Find Us On Social Media :

AI dan Blockchain Hadirkan Manfaat ke Autentisitas Produk Indonesia

By Adam Rizal, Selasa, 23 Juli 2024 | 09:30 WIB

Artificial Intelligence (AI)

Singapore-Indonesia Business Expo Forum 2024 dengan tema “AI and Blockchain for Indonesian Products’ Authenticity” yang diadakan pada tanggal 15-16 Juli di Hotel Shangri-la Jakarta telah berlangsung dengan sukses. Diselenggarakan oleh Asia Group dan Global Business Indonesia dan didukung oleh Kedutaan Besar RI di Singapura, kegiatan ini merupakan bagian dari misi bisnis yang diikuti oleh 35 (tiga puluh lima) pebisnis dan pelaku usaha dari Singapura.

Forum tersebut menjadi platform yang mempertemukan para pemangku kepentingan utama dari pemerintah dan swasta untuk mengeksplorasi solusi inovatif yang bertujuan meningkatkan keaslian dan kepercayaan terhadap produk Indonesia dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan Blockchain.

Melalui kegiatan ini, para peserta dari Singapura memperoleh wawasan berharga mengenai praktik terbaik dan tren yang muncul dalam penerapan teknologi ini dan potensi mereka untuk merevolusi lanskap pasar Indonesia. Sementara itu, peserta juga mendapatkan informasi komprehensif mengenai perkembangan kerja sama ekonomi bilateral Indonesia dan Singapura, tren pasar dan kerangka peraturan serta ketentuan hukum yang mempengaruhi usaha bisnis lintas batas kedua negara.

Duta Besar RI Singapura Suryo Pratomo menyambut baik penyelenggaraan acara pameran dan forum bisnis ini yang menandai pencapaian penting dalam hubungan ekonomi bilateral antara Singapura dan Indonesia. 

“Tema kegiatan ini penting untuk menggali potensi integrasi strategis AI dan Blockchain dalam manajemen rantai pasokan, pengendalian kualitas, dan perlindungan konsumen di pasar Indonesia. Pertemuan ini diharapkan dapat menghasilkan dialog dan kolaborasi yang bermakna untuk memperkuat komitmen Singapura untuk memperkuat kemitraan ekonomi dengan Indonesia," katanya.

Mewakili penyelenggara, CEO Global Bisnis Indonesia Henderson Lim, menyatakan optimismenya akan semakin memperkuat hubungan ekonomi dan memfasilitasi lebih banyak kolaborasi bisnis antara Singapura dan Indonesia. 

"Rencana pameran edisi mendatang mencakup perluasan cakupannya untuk mencakup industri-industri baru dan mendorong inisiatif pembangunan berkelanjutan," ujarnya.

Singapore-Indonesia Business Expo Forum 2024 tidak hanya menyoroti pentingnya AI dan Blockchain dalam memastikan keaslian produk Indonesia, tetapi juga memperkuat komitmen kedua negara untuk menciptakan lingkungan bisnis yang tangguh dan berbasis teknologi. 

Peserta juga mempunyai kesempatan untuk membangun jejaring dan kemitraan dengan pengusaha lokal, termasuk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia yang turut berpartisipasi untuk mencari peluang ekspansi ke Singapura.

Baca Juga: Samsung Galaxy S24 Series Jadi HP AI Favorit Orang Indonesia