Find Us On Social Media :

Apple Maps Versi Web Resmi Meluncur, Mau Saingi Google Maps?

By Rafki Fachrizal, Jumat, 26 Juli 2024 | 11:15 WIB

Ilustrasi Apple Maps.

Raksasa teknologi Apple mengumumkan bahwa layanan Apple Maps kini tersedia di web melalui versi public beta, yang berarti pengguna kini dapat mengakses layanan ini langsung dari browser.

Peluncuran ini membuat Apple Maps bersaing langsung dengan Google Maps, yang telah lama tersedia di web.

Apple Maps di web dapat diakses dalam bahasa Inggris dan kompatibel dengan Safari dan Chrome di Mac dan iPad, serta Chrome dan Edge di PC berbasis Windows.

Dikutip dari Tech Crunch, Apple berencana untuk menghadirkan dukungan untuk bahasa, peramban, dan platform tambahan di masa mendatang.

Apple Maps di web berfungsi seperti halnya di aplikasi seluler. Pengguna bisa mendapatkan petunjuk arah mengemudi dan berjalan kaki; memesan makanan; menelusuri panduan dan ulasan yang telah dikurasi; dan banyak lagi.

Apple berencana untuk menghadirkan fungsionalitas tambahan, seperti fitur “Look Around” yang menampilkan pemandangan panorama 360 derajat, ke versi web dalam beberapa bulan mendatang.

Apple mencatat bahwa developer (pengembang) dapat menautkan ke Apple Maps di web, sehingga memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan petunjuk arah mengemudi, melihat informasi tempat secara detail, dan banyak lagi.

Peluncuran Apple Maps versi web ini dilakukan 12 tahun setelah Apple meluncurkan layanan tersebut di iPhone.

Dengan memperluas ketersediaan Apple Maps, perusahaan ini berusaha menjangkau lebih banyak pengguna dan menyaingi Google Maps, yang selama ini menjadi platform yang paling banyak digunakan untuk peta di web.

Baca Juga: Langgar Privasi, Apple Latih AI dengan Transkrip Video YouTube

Baca Juga: Cara Cek Posisi Bus Transjakarta di Google Maps Secara Real-time