Find Us On Social Media :

Tingkatkan Kualitas Gambar, Intel Luncurkan Chatbot AI Playground

By Adam Rizal, Jumat, 26 Juli 2024 | 11:30 WIB

Tingkatkan Kualitas Gambar, Intel Luncurkan Chatbot AI Playground

Intel memperkenalkan aplikasi AI-nya AI Playground dalam acara Computex 2024 pada awal Juni di Taiwan. Setelah hampir dua bulan, aplikasi ini kini resmi diluncurkan secara global. AI Playground adalah aplikasi chatbot generative AI yang memanfaatkan GPU diskret Intel Arc. 

Aplikasi itu mampu menghasilkan gambar berkualitas High Definition (HD) melalui perintah teks. Hal itu dimungkinkan oleh penggunaan model Stable Diffusion yang didukung oleh DreamShaper 8 dan Juggernaut XL, serta mendukung model bahasa besar (LLM) populer lainnya seperti Phi3, LCM LoRA, dan LCM LoRA SDXL, yang semuanya telah dioptimalkan untuk akselerasi di GPU Arc "Alchemist" milik Intel. 

Selain itu, aplikasi ini memiliki kemampuan peningkatan gambar AI yang dapat meningkatkan kualitas gambar, merekonstruksi detail dan warna, menambahkan gaya, hingga memanipulasi gambar. Seluruh fitur tersebut kini dapat dicoba dan digunakan dengan mengunduh aplikasi secara gratis melalui situs resminya. Untuk spesifikasi yang dibutuhkan, aplikasi ini memerlukan GPU diskret Intel Arc dengan vRAM minimal 8 GB dan sistem operasi Windows.

Intel Gaudi 3

Selain meluncurkan Xeon 6, Intel juga mengumumkan akselerator AI (artificial intelligence) generasi terbaru mereka yakni Gaudi 3, di acara Computex 2024. Gaudi 3 dirancang khusus untuk mempercepat proses komputasi intensif yang dibutuhkan dalam AI dan ML (machine learning).

Di jantung Gaudi 3 terdapat 64 inti tensor generasi kelima yang memberikan performa AI yang luar biasa. Gaudi 3 mengadopsi proses 5nm TSMC dan memiliki spesifikasi yang mengesankan, termasuk 8 matrix math engine, SRAM 96MB, dan memori HBM2e 128 GB. Selain itu, Gaudi 3 menawarkan performa 1,835 TFLOPS, sebuah lompatan signifikan yang memungkinkan komputasi AI yang kompleks dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Gaudi 3 juga mengungguli seri sebelumnya (Gaudi 2), terutama unggul dalam beban kerja BF16 sebanyak empat kali lipat dan performa FP8 sebanyak dua kali lipat. Kemampuan jaringannya juga meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan Gaudi 2.

Intel bahkan mengungkapkan bahwa Gaudi 3 mencapai kecepatan pelatihan dan kesimpulan yang lebih tinggi dibandingkan dengan NVIDIA H100. Akselerator Gaudi 3 juga akan memberikan peningkatan performa yang signifikan untuk tugas-tugas pelatihan dan inferensi pada model GenAI terkemuka, membantu perusahaan meraih value dari data proprietary mereka.

Gaudi 3 di cluster 8.192-accelerator diperkirakan menawarkan lebih dari 40% time-to-train lebih cepat dibandingkan NVIDIA H100 GPU yang setara dan throughput pelatihan yang 15% lebih cepat untuk cluster 64-accelerator dibandingkan NVIDIA H100 pada model Llama2-70B. Selain itu, Intel Gaudi 3 diperkirakan menawarkan rata-rata inferencing 2 kali lebih cepat dibandingkan NVIDIA H100, yang menjalankan LLM populer seperti Llama-70B dan Mistral-7B.

Gaudi 3 akan tersedia pada paruh kedua tahun 2024 melalui Intel Dev Cloud. Akses awal juga akan diberikan kepada developer dan perusahaan terpilih untuk menguji dan mengintegrasikan Gaudi 3 ke dalam sistem mereka sebelum rilis komersial yang lebih luas. Intel pun dikabarkan telah berkolaborasi dengan setidaknya 10 global system provider terkemuka, termasuk enam system provider baru yang sudah mengumumkan bahwa mereka akan menghadirkan Intel Gaudi 3 ke pasaran.

Kolaborator baru yang meliputi Asus, Foxconn, Gigabyte, Inventec, Quanta, dan Wistron, memperluas penawaran produksi dari system provider terdepan yaitu Dell, Hewlett-Packard Enterprise, Lenovo, dan Supermicro.

Satu kit dengan 8 akselerator Intel Gaudi 3 dengan UBB ditawarkan dengan harga US$125.000, diperkirakan dua pertiga dari harga platform kompetitor yang sebanding. Intel menekankan bahwa integrasi prosesor Xeon dan akselerator Gaudi 3 tidak hanya akan memberikan kinerja tinggi tetapi juga mengurangi biaya keseluruhan hingga sepertiga dibandingkan dengan produk lainnya. Produk Intel tersebut juga dapat diintegrasikan dengan mulus ke dalam satu sistem, memberikan keunggulan kompetitif dibandingkan dengan produk kompetitor.

Baca Juga: Garmin Luncurkan Approach Z30 Laser Range Finder untuk Pegolf