Find Us On Social Media :

Alasan Orang Pilih iPhone Lawas daripada Beli HP Android Terbaru

By Adam Rizal, Jumat, 26 Juli 2024 | 13:00 WIB

iPhone 14 Pro Max

Perseteruan iPhone dan HP berbasis Android tidak akan pernah usai, mengingat kedua HP itu memiliki penggemarnya masing-masing. Riset Consumer Intelligence Research Partners (CIRP) mengungkapkan sebanyak 17 persen pembeli iPhone adalah mantan pengguna Android pada kuartal II-2024. Angka itu adalah persentase tertinggi dalam lima tahun terakhir, naik dari sekitar 10-14 persen di tahun-tahun sebelumnya. 

"Pada kuartal Juni 2024, kami mencatat tingkat peralihan tertinggi dari Android ke iOS di antara pembeli iPhone dalam beberapa kuartal terakhir. Semakin banyak pengguna Android beralih ke iPhone model lawas seperti iPhone 14, iPhone 13, atau iPhone SE menjadi pilihan utama," kata CIRP seperti dihimpun dari Android Headlines.

Menurut CIRP, pengguna Android yang sensitif terhadap harga lebih memilih iPhone model lama karena lebih terjangkau, seringkali didiskon besar atau tersedia melalui program tukar tambah. Promosi semacam ini jarang terjadi pada model iPhone baru. 

Meskipun model lama, iPhone tetap menawarkan fitur menarik dan teknologi yang relevan, sering kali lebih baik dibandingkan dengan ponsel Android. Selain itu, pengguna mungkin ingin mencoba iOS tanpa mengeluarkan banyak uang. CIRP memperkirakan tren ini mempengaruhi penjualan iPhone terbaru, seperti iPhone 15, yang tidak sebaik model sebelumnya.

"Persentase pemilik Android yang tinggi di antara pembeli iPhone baru menjelaskan bahwa model iPhone 15 belum terjual sebaik model baru dalam beberapa tahun terakhir," kata CIRP, seperti dikutip dari Apple Insider.

CIRP menyebutkan bahwa kontribusi penjualan iPhone 15 series lebih rendah dibanding iPhone 14 series. Selama tiga kuartal berturut-turut, CIRP menemukan penjualan gabungan iPhone 14 dan iPhone 14 Plus menyumbang 17 persen dari total penjualan iPhone, sama dengan penjualan iPhone 15 Pro. iPhone 15 reguler menyumbang 19 persen, sementara iPhone 15 Plus hanya 8 persen. 

Kontribusi terbesar berasal dari iPhone 15 Pro Max dengan 22 persen penjualan. Menariknya, iPhone 13 masih menyumbang 10 persen, lebih tinggi dari iPhone 15 Plus. iPhone SE dan iPhone 13 Mini masing-masing menyumbang 5 persen dan 1 persen penjualan.

Menurut CIRP, empat model iPhone 15 menyumbang 67 persen penjualan iPhone dalam periode studi, lebih rendah dibanding iPhone 14 series yang menyumbang 79 persen pada periode yang sama tahun lalu.

Baca Juga: Microsoft Tambahkan Fitur AI Terbaru ke Bing, Bisa Rangkum Informasi