Find Us On Social Media :

Apple Bakal Gunakan Chip dari Google Buat Latih Model AI-nya

By Rafki Fachrizal, Selasa, 30 Juli 2024 | 12:45 WIB

Ilustrasi Apple.

Raksasa teknologi Apple dikabarkan kemungkinan tidak akan menggunakan chip dari NVIDIA untuk membangun infrastruktur software (perangkat lunak) berbasis AI (artificial intelligence) baru yang akan mendukung rangkaian tools dan fitur AI di perangkat Apple yang akan datang.

Menurut makalah penelitian Apple yang diterbitkan pada hari Senin (29/07/2024), Apple bakal mengandalkan chip yang dirancang oleh Google milik Alphabet.

Dikutip dari South China Morning Post, keputusan Apple untuk mengandalkan chip Google cukup menarik, karena seperti diketahui NVIDIA memproduksi prosesor AI yang paling banyak dicari perusahaan teknologi saat ini.

Termasuk chip yang dibuat oleh Google, Amazon.com dan perusahaan cloud computing lainnya, NVIDIA menguasai sekitar 80 persen pasar chip saat ini.

Dalam makalah penelitian tersebut, Apple tidak secara eksplisit mengatakan bahwa mereka tidak menggunakan chip NVIDIA, tetapi deskripsi infrastruktur hardware (perangkat keras) dan perangkat lunak alat dan fitur AI-nya tidak menyebutkan hardware NVIDIA.

Apple juga mengatakan dalam makalah penelitian tersebut bahwa untuk melatih model AI-nya, Apple menggunakan dua unit pemrosesan tensor (TPU) Google yang disusun dalam kelompok besar chip.

Untuk membangun model AI yang akan beroperasi pada iPhone dan perangkat lainnya, Apple menggunakan 2.048 chip TPUv5p. Untuk model AI servernya, Apple menggunakan 8.192 prosesor TPUv4.

NVIDIA tidak mendesain TPU melainkan memfokuskan upayanya pada apa yang disebut unit pemrosesan grafis (GPU) yang banyak digunakan untuk upaya AI.

Tidak seperti NVIDIA, yang menjual chip dan sistemnya sebagai produk yang berdiri sendiri, Google menjual akses ke TPU melalui Google Cloud Platform.

Pelanggan yang tertarik untuk membeli akses harus membuat software melalui platform cloud Google untuk menggunakan chip tersebut.

Baca Juga: Tinggalkan Sony, iPhone Terbaru Diprediksi Pakai Sensor Kamera Samsung

Baca Juga: Alasan Kejayaan NVIDIA Sebagai Penguasa Pasar Chip AI Bakal Berakhir