Find Us On Social Media :

Feedloop AI Pakai IBM watsonx untuk Permudah Organisasi Patuhi Regulasi AI

By Rafki Fachrizal, Rabu, 31 Juli 2024 | 19:15 WIB

Ilustrasi AI (Artificial Intelligence).

Perusahaan penyedia teknologi Generative AI (Gen AI), Feedloop AI, mengumumkan telah mengadopsi platform watsonx AI dan data dari IBM guna memberikan akses perangkat AI (artificial intelligence) dengan tata kelola dan kepatuhan yang kuat kepada klien mereka di sektor publik dan swasta.

Platform watsonx akan membantu pelanggan Feedloop dalam mengotomatisasi identifikasi kewajiban regulasi dalam kerangka tata kelola risiko mereka, serta memastikan kepatuhan terhadap standar bisnis dan persyaratan yang berlaku.

FL1 AI Large Language Model (LLM) Feedloop adalah salah satu LLM berbahasa Indonesia pertama yang dapat digunakan oleh organisasi pemerintah dan bisnis lokal.

Dengan mengintegrasikan LLM Feedloop ke watsonx, pelanggan bisa mengarahkan, mengelola, memantau, dan mengatur AI mereka sesuai dengan regulasi yang ada dan yang akan datang.

“Dengan pendekatan kepercayaan, kepatuhan, dan tata kelola watsonx, Feedloop saat ini dapat memberdayakan organisasi di Indonesia untuk menavigasi berbagai regulasi dengan mulus,” kata Ahmad Rizqi Meydiarso, Co-Founder dan CEO Feedloop.

Meskipun Indonesia memimpin kawasan Asia Tenggara dengan kontribusi AI yang diproyeksikan sebesar $366 miliar terhadap PDB nasional, menurut studi terbaru Kolaborasi Riset dan Inovasi Industri Kecerdasan Artifisial (KORIKA), salah satu tantangan utama yang menghambat kemajuan AI di Indonesia adalah kurangnya tata kelola data internal, yang mencakup 40% dari masalah yang ada.

Hal ini menunjukkan pentingnya tata kelola sebagai kunci sukses untuk adopsi AI yang bertanggung jawab.

“Seiring dengan semakin banyaknya perusahaan yang perlu membangun AI yang tepercaya, mereka juga harus memastikan bahwa AI tersebut dapat dioptimalkan untuk memberikan dampak yang bermanfaat serta mengurangi risiko dan hasil yang merugikan bagi semua pemangku kepentingan,” kata Roy Kosasih, Presiden Direktur IBM Indonesia.

Roy mengungkapkan bahwa AI yang bertanggung jawab harus menjadi prioritas dari awal.

Pihaknya pun senang dapat membawa watsonx membantu mengevaluasi dan memantau kesehatan, akurasi, bias, dan kualitas dari LLM Feedloop, sambil membantu platform tersebut memenuhi persyaratan regulasi dan tata kelola.

“Pendekatan platform yang terbuka dari IBM, di mana pelanggan dapat membawa model mereka sendiri ke cloud, on premise, atau keduanya, juga akan memungkinkan Feedloop untuk mengembangkan dan memaksimalkan manfaat Gen AI bagi pelanggan mereka. Kami pun menantikan kesempatan untuk dapat membantu organisasi-organisasi di Indonesia mencapai tahap evolusi berikutnya dengan Gen AI yang terpercaya,” pungkas Roy.

Baca Juga: Meta AI Hadirkan Fitur Imagine Me, Ubah Foto Menjadi Animasi Keren!

Baca Juga: Adaptasi AI, Kominfo Siapkan Infrastruktur Telekomunikasi Andal