Find Us On Social Media :

Aplikasi Kasir Online Moka POS Permudah Pembayaran Bisnis Anda

By Adam Rizal, Kamis, 1 Agustus 2024 | 19:45 WIB

Aplikasi Kasir Moka POS Permudah Pembayaran Anda!

Ingin berkecimpung di dunia bisnis, tapi masih bingung mau menjalankan usaha yang lebih kekinian atau yang sudah teruji sejak lama? Apa pun pilihan Anda, jangan lupa mengetahui ciri-ciri peluang bisnis yang menjanjikan!. Memahami ciri-ciri peluang usaha sukses akan membuat bisnis Anda bertahan lama di tengah gempuran kompetitor yang semakin ketat. Untuk itu, simak langkah selengkapnya di bawah ini!

Cara Menganalisis Peluang Usaha yang Berpotensi

Ketika Anda ingin membangun bisnis baru, Anda harus tahu bagaimana cara menganalisis peluang usaha yang potensial. Hal ini akan membantu Anda menjalankan bisnis dalam jangka panjang dan melewati berbagai macam rintangan. Menganalisis peluang bisnis dapat dilakukan dengan cara melihat kebutuhan pasar, memahami target pelanggan, memantau persaingan, dan mempertimbangkan faktor eksternal (seperti tren dan kondisi ekonomi nasional atau global).

Salah satu teknik analisis peluang bisnis yang bisa Anda pakai adalah SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats). Teknik tersebut akan menuntun Anda menemukan peluang bisnis yang bertahan lama karena punya daya jual yang unik sehingga punya daya saing yang oke, dibutuhkan oleh pasar, serta mampu melewati berbagai tantangan.

Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Menjanjikan

Ada beberapa indikator yang membuat sebuah peluang bisnis terlihat memiliki peluang menjanjikan. Berikut adalah tujuh ciri-ciri yang mesti Anda perhatikan!

1. Memiliki keunikan dan nilai jual

Ciri pertama dari bisnis yang menjanjikan adalah punya daya jual yang unik. Sebagai bisnis yang berdiri setelah beberapa kompetitor lain ada, Anda harus menawarkan sesuatu yang berbeda untuk memikat minat konsumen. Dengan keunikan, artinya produk atau jasa yang Anda pasarkan tidak akan ditemui di merek bisnis lainnya. Sehingga, konsumen akan selalu menuju pada bisnis Anda jika sedang mencari produk atau usaha tersebut.

2. Tingkat risiko relatif rendah

Salah satu ciri peluang usaha menjanjikan berikutnya adalah risikonya relatif rendah. Biasanya, hal seperti ini akan membantu pelaku bisnis pemula untuk merintis usahanya. Dengan risiko rendah, bisnis berpeluang memiliki umur lebih panjang. Salah satu contoh industri usaha yang risikonya relatif rendah adalah F&B (Food and Beverage). Sebab, semua orang butuh makan dan harga produk serta bahan bakunya tidak terlalu mahal.

3. Model bisnis dapat disesuaikan dengan kebutuhan

Ciri peluang bisnis yang menjanjikan berikutnya adalah model bisnisnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Mengapa demikian? Dengan fleksibilitas ini, Anda dapat merintis bisnis dari skala minim dan bertahap meningkat seiring berjalannya waktu. Bisnis yang fleksibel juga membuat Anda lebih bisa beradaptasi ketika terjadi perubahan tren.

4. Skalanya bisa ditingkatkan

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, ciri-ciri peluang usaha yang oke adalah ketika dia fleksibel, baik itu fleksibel untuk berpindah ke haluan lain atau menambah varian produk atau jasanya demi memperluas target pasar. Skala bisnis yang dapat ditingkatkan juga memungkinkan bisnis bertahan lama serta meningkatkan omzet.

5. Membutuhkan bahan baku yang mudah diperoleh

Setiap bisnis perlu pasokan bahan baku yang mudah diperoleh. Dengan begini, Anda bisa terus memastikan bahwa usaha dapat dijalankan setiap harinya. Kelangkaan stok bahan baku akan membuat manajemen supply chain bermasalah sehingga menggagalkan keinginan pelanggan untuk belanja di tempat Anda. Dampak terburuk dari semua ini adalah konsumen kecewa ketika akan bertransaksi di tempat Anda karena produk atau jasa yang diinginkan sering tak tersedia.

6. Banyak dicari oleh masyarakat

Indikator berikutnya yang menandakan bahwa peluang usaha menjanjikan cuan melimpah adalah dibutuhkan oleh banyak orang. Semakin banyak target pasar yang bisa Anda raih, maka semakin baik pula total omzet usaha Anda. Artinya, bisnis bisa bertahan lama, bahkan mengembangkan cakupannya ke sektor lain atau dengan membuka cabang baru.

7. Tidak menghabiskan modal

Sebaik-baiknya peluang bisnis adalah yang dapat dijalankan sesuai kemampuan pemiliknya. Jika Anda ingin merintis bisnis, tapi terkendala modal, artinya usaha tersebut bahkan sudah mustahil dijalankan sejak awal, apalagi jangka panjang. Jadi, sebaiknya cari tahu seberapa besar kemampuan Anda, baik dari segi materi maupun skill. Barulah Anda bisa menyusun strategi untuk mengembangkan bisnis seiring berjalannya waktu.

Kini, Anda sudah tahu apa saja ciri-ciri peluang usaha yang punya peluang menjanjikan. Selain mementingkan kemampuan Anda sebagai pemilik bisnis, perhatikan juga kebutuhan pasar yang saat ini menginginkan transaksi praktis. Untungnya, sekarang ada Moka POS sebagai aplikasi kasir terbaik yang dapat memudahkan proses pembayaran bisnis serta memiliki sistem manajemen pelanggan terpercaya. Mari, jadwalkan demo gratis Anda bersama Moka POS!