Find Us On Social Media :

Google Bakal Hadirkan Fitur AI Circle to Search ke Komputer PC

By Adam Rizal, Sabtu, 3 Agustus 2024 | 11:30 WIB

Fitur Circle to Search with Google

Google akan memperluas kemampuan fitur Circle to Search ke komputer/PC dengan Google Lens di kolom URL (omnibox) di browser Chrome, bersebelahan dengan tombol bintang untuk bookmark. Fitur Circle to Search adalah cara baru untuk googling dengan menggunakan Google Lens versi upgrade, yang memungkinkan pencarian lebih mudah dan cepat. Fitur ini pertama kali diperkenalkan di Samsung Galaxy S24 pada pertengahan Januari, kemudian dirilis ke sejumlah ponsel flagship Samsung Galaxy lainnya dan Google Pixel.

Dengan Circle to Search, pengguna dapat mencari konten visual apa pun yang muncul di layar, seperti foto/video di galeri ponsel, Instagram Stories, hingga video TikTok/YouTube/Shorts, hanya dengan melingkarinya. Tidak perlu lagi mengambil tangkapan layar atau mengetik kueri.

Kini, Google berencana membawa fitur ini ke Chrome versi desktop di PC. Pengguna dapat mengaktifkan Circle to Search dengan mengeklik ikon Google Lens di omnibox. Setelah itu, akan muncul notifikasi "Select anything to search with Google Lens" dengan efek kilauan bintang. Kursor akan berubah menjadi garis bidik dengan kaca pembesar “Drag to search” dan ikon Lens. Ketuk dua kali untuk memilih apa yang ingin dicari, lalu sesuaikan kotak pencarian. Hasil pencarian akan muncul di panel kecil di samping layar, menampilkan informasi seperti nama, harga, dan tempat membeli.

Circle to Search di Chrome memudahkan pencarian apa pun yang ada di layar tanpa perlu menyalin gambar atau alamat situs web. Fitur ini berguna saat pengguna tidak tahu kata kunci yang tepat. Misalnya, saat melihat street food Korea yang menggiurkan tetapi tidak tahu namanya, atau ketika melihat vas unik yang sulit dideskripsikan, atau ingin mengetahui merek pakaian yang digunakan oleh selebriti favorit.

Menurut laporan 9to5Google, fitur ini sedang diuji coba di ChromeOS 127 beta dan Chrome 128 beta dan telah muncul di halaman "What's New in Chrome" milik Google, sehingga kemungkinan akan segera dirilis versi stabil ke pengguna yang lebih luas.

Baca Juga: Kini ChatGPT Punya Fitur Advanced Voice Mode, Bisa Pahami Nada Bicara