Find Us On Social Media :

Demi Kenyamanan, Samsung Tambahkan Fitur AI ke TV Produksi Tahun 2024

By Adam Rizal, Minggu, 4 Agustus 2024 | 11:30 WIB

Ilustrasi nonton smart TV Samsung Crystal UHD 4K lewat layanan fixed broadband

Samsung meluncurkan model-model TV terbarunya 2024 dengan pilihan layar 43 hingga 98 inci serta kehadiran fitur-fitur artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. President and Head Visual Display Business Samsung Electronics SW Yong mengatakan kehadiran fitur-fitur AI di TV Samsung bakal meningkatkan pengalaman konsumen dalam menikmati hiburan di rumah.

"Kami menawarkan produk yang tidak hanya memberikan pengalaman menonton yang luar biasa tetapi juga memberikan kontribusi yang berarti bagi gaya hidup konsumen," ujar Yong dalam keterangan tertulisnya..

Fitur AI Samsung antara lain dibenamkan di TV layar lebar Neo QLED 8K yang merupakan model flagship untuk 2024. TV ini dibekali prosesor NQ8 AI Gen 3 yang dibekali pengolah AI alias Neural Processing Unit (NPU) yang kecepatannya dua kali lipat generasi sebelumnya. NPU tersebut digunakan untuk menjalankan aneka fitur AI secara on-device alias langsung di perangkat, seperti 8K Upscaling Pro untuk meningkatkan resolusi aneka konten menjadi 8K sehingga lebih tajam.

Selain itu, ada fitur AI Motion Enchancer Pro yang disebut cocok untuk penggemar acara olahraga karena dapat membuat pergerakan cepat jadi lebih halus dan jelas. Neo QLED 8K yang tersedia dalam dua model QN900D dan QN800D serta ukuran 65, 75, dan 85 inci ini turut menawarkan AI Auto Game Mode yang akan mengoptimalkan visual dan audio selama gaming agar menghadirkan pengalaman lebih imersif dan menarik.

Dua TV Samsung lainnya di 2024, Neo QLED 4K dan OLED, tak ketinggalan menawarkan fitur-fitur AI. Samsung Neo QLED 4K ditawarkan dalam ukuran 43 hingga 98 inci dan dibekali NQ4 AI Gen2 Processor untuk menampilkan aneka konten di resolusi 4K. 

Samsung Prosesor yang sama juga diterapkan di televisi Samsung OLED yan gtersedia dalam dua model, S95D dan S90D, serta ukuran mulai dari 55 inci hingga 77 inci. Samsung OLED turut dibekali dengan Motion Xcelerator 144 Hz untuk menghadirkan gerakan yang mulus dan respons yang cepat sehingga diklaim sebagai pilihan ideal untuk gaming.

Baca Juga: Meta Kenalkan AI Studio, Bantu Pengguna Ciptakan Karakter AI