Find Us On Social Media :

Chatbot AI ChatGPT Baru Tersedia di iPhone dan iPad Akhir Tahun Ini

By Adam Rizal, Selasa, 6 Agustus 2024 | 09:30 WIB

Ilustrasi ChatGPT.

Apple akan menggabungkan teknologi Chatbot artificial intelligence (AI) ChatGPT milik OpenAI ke iOS 18, iPadOS 18, dan MacOS Sequoia pada akhir 2024 untuk meningkatkan kecerdasan buatan Apple yaitu Apple Intelligence (AI).

"ChatGPT akan hadir di Apple Intelligence akhir tahun ini," ujar Tim Cook saat menanggapi pertanyaan analis mengenai masa depan fitur Apple Intelligence pada laporan pendapatan kuartalan, seperti dilaporkan oleh Mac Rumors.

Sebelumnya, Apple mengumumkan ChatGPT akan hadir di perangkatnya dalam ajang WWDC 2024. Pernyataan ini diperkuat oleh Tim Cook pada awal Agustus, menunjukkan bahwa pengembangan kecerdasan buatan sesuai dengan rencana Apple. Dengan persetujuan pengguna, asisten virtual Siri akan menampilkan jawaban dari ChatGPT langsung sebagai respons terhadap pertanyaan dan instruksi pengguna. ChatGPT juga akan menjadi opsi untuk fitur alat penulisan sistem Apple, memungkinkan pengguna menghasilkan teks dan gambar. 

Apple menyatakan ChatGPT akan menggunakan model GPT-4O terbaru dari OpenAI. Pengguna iPhone, iPad, dan Mac akan dapat menggunakan ChatGPT gratis tanpa membuat akun, sedangkan pelanggan ChatGPT Plus bisa menghubungkan akun mereka untuk mengakses fitur berbayar di perangkat tersebut. Untuk privasi, Apple memastikan bahwa OpenAI tidak akan menyimpan data pengguna dan alamat IP pengguna akan disamarkan untuk meningkatkan keamanan.

Fitur Apple Intelligence sudah mulai diluncurkan untuk pengujian di iOS 18.1 beta, tetapi integrasi dengan ChatGPT belum tersedia. Fitur Apple Intelligence bisa digunakan pada iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max, atau perangkat Mac atau iPad dengan chip M1 atau yang lebih baru. Saat ini, bahasa perangkat harus diatur ke Bahasa Inggris AS, dengan dukungan bahasa tambahan diharapkan hadir lebih banyak pada 2025. Rangkaian lengkap fitur Apple Intelligence diharapkan tersedia di iOS 18.4 dan dirilis ke publik sekitar Maret 2025.

Fitur ini akan memungkinkan pengguna merangkum teks, memprioritaskan pemberitahuan dan email, menghasilkan emoji dan gambar khusus, dan banyak lagi. Teknologi ini juga akan memberi Siri kemampuan yang lebih pintar dengan pemahaman bahasa yang lebih baik, kontrol aplikasi yang lebih dalam, dan konteks yang dipersonalisasi.

Baca Juga: Oppo Bakal Hadirkan Fitur AI Generatif ke Semua Varian Smartphone