Find Us On Social Media :

OPPO Rilis Reno12 5G dan Reno12 Pro 5G. Ini Spesifikasi dan Harganya

By Dayu Akbar, Kamis, 8 Agustus 2024 | 06:00 WIB

OPPO menghadirkan dua smartphone Reno12 Series yang terdiri dari Reno12 Pro 5G dan Reno12 5G untuk pasar Indonesia. Kedua perangkat ini membuka babak baru dalam sejarah OPPO Reno Series dan menjadi langkah pertamanya dalam mewujudkan komitmen OPPO untuk mempercepat adopsi AI Phone.Awal tahun ini, OPPO mengumumkan komitmennya untuk membawa kemampuan AI ke lebih banyak orang yang tidak hanya tersedia di smartphone flagship kelas atas. OPPO telah bergabung dengan Google, Microsoft, MediaTek, Qualcomm, dan mitra lainnya untuk mempercepat kehadiran generasi baru AI Phone. Reno12 Series memperkenalkan serangkaian terobosan fitur GenAI yang mencakup berbagai penggunaan sehari-hari.

Fitur AIBeberapa fitur AI yang disematkan pada Reno12 Series diantaranya AI Eraser 2.0, AI Clear Face, AI Best Face, dan AI Studio. Keempat fitur AI ini dapat membantu pengguna dalam menyempurnakan hasil foto dengan tampilan yang lebih menarik.Reno12 Series juga memanfaatkan kekuatan AI untuk membawa efisiensi dan kreativitas. Dibangun dengan model Google Gemini (LLM), AI Toolbox memanfaatkan kemampuan pengenalan yang kuat untuk memahami konten yang ditampilkan di layar dan merekomendasikan fitur AI yang sesuai, seperti pembuatan konten media sosial atau ringkasan konten untuk artikel panjang. Pengguna dapat menggunakan AI Recording Summary yang dengan cerdas hasilkan ringkasan teks dari rekaman suara dan mengorganisasikannya menjadi catatan dengan informasi seperti daftar tugas, waktu, lokasi, dan detail lainnya.Untuk tampilan dan daya tahannya, Reno12 Series menghadirkan Desain Fluid Futuristik dan Kerangka High-Strength Alloy. Tidak hanya desainnya bernuansa modern tapi juga menjadikannya sebagai smartphone Reno Series paling kokoh yang tahan terhadap jatuh, tekanan, dan air.

Layar Tajam dan KuatEvolusi terbesar pada layar dalam sejarah Reno Series hadir melalui inovasi Infinite View Screen, salah satu teknologi layar paling canggih di pasaran. Menggunakan desain quad micro-curve, layar ini menggabungkan keindahan layar melengkung dengan pengalaman genggaman layar datar, memberikan kenyamanan luar biasa dan visual imersif serta mengurangi sentuhan yang tidak sengaja pada tepi layar lengkung.Reno12 Series hadir dengan layar OLED 6,7 inci 120Hz yang mampu menampilkan hingga 1,07 miliar warna dan menawarkan perlindungan mata yang rendah cahaya biru. Ditambah dengan teknologi Splash Touch yang memungkinkan layar tetap responsif bahkan saat layar atau tangan pengguna basah.Layar Reno12 5G dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 7i dengan perlindungan jatuh yang luar biasa. Sementara Reno12 Pro 5G dilengkapi Corning Gorilla Glass Victus 2 yang menjadi kaca pelindung terkuat di Reno Series, memberikan ketahanan ultra-flagship terhadap benturan, jatuh, bengkok, dan goresan. Dengan rating IP65, Reno12 Series memberikan ketahanan debu dan air yang luar biasa sementara komponen penting seperti lubang, speaker, port USB-C, dan slot kartu SIM telah diperkuat untuk membuat smartphone semakin tahan air.

Kamera dengan Sensor Sony LYT-600Di sektor kamera, dua smartphone ini dilengkapi sensor Sony LYT-600 dengan autofocus omnidirectional full pixel dan OIS yang menawarkan pemfokusan yang lebih cepat dan stabil untuk bidikan yang lebih jelas. Kedua perangkat ini juga dilengkapi Mode Portrait dengan zoom hingga 2x untuk memudahkan pengambilan portrait bokeh menakjubkan setara dengan kamera profesional.Reno12 Pro 5G membawa pengalaman portrait profesional lebih jauh dengan Kamera Portrait Telefoto 50MP yang menawarkan zoom optik hingga 2x dan Kamera Selfie 50MP dengan autofocus dan efek AI Portrait Retouching untuk penyesuaian fitur wajah seperti bentuk wajah, garis rambut, tulang pipi, dan lainnya saat mengambil selfie secara real-time.

Performa Tinggi dengan AIUntuk performa, kedua perangkat ini dilengkapi MediaTek Dimensity 7300-Energy 4nm. Dikembangkan bersama oleh MediaTek dan OPPO untuk memberikan efisiensi daya yang luar biasa, platform octa-core baru ini terdiri dari 4 inti performa tinggi A78 dan 4 inti efisiensi tinggi A55. Kolaborasi antara OPPO dan MediaTek pada Dimensity 7300-Energy juga telah menghasilkan terobosan dalam performa memori dan penyimpanan SoC melalui ColorOS Trinity Engine terbaru.

Dengan menggunakan model AI untuk mengidentifikasi kebiasaan pengguna saat ini, teknologi CPU-Vita yang diperbarui dari Trinity Engine dapat secara tepat mengalokasikan sumber daya SoC, mencapai konsumsi daya yang lebih rendah dengan stabilitas dan kelancaran sistem.Teknologi RAM-Vita meningkatkan pemanfaatan RAM untuk mempercepat kecepatan membuka aplikasi dan beralih antar aplikasi, menjaga aplikasi di latar belakang aktif selama 72 jam tanpa kendala. RAM Expansion juga tersedia untuk mengonversi 12GB penyimpanan menjadi RAM sementara yang memberikan performa tambahan kapanpun dibutuhkan.Hadir pula teknologi ROM-Vita yang mampu melakukan kompresi lossless pada aplikasi yang jarang digunakan dan mengelola file duplikat untuk mengurangi penggunaan penyimpanan yang tidak diperlukan, menghasilkan ruang penyimpanan yang lebih besar untuk file pengguna dan kecepatan baca/tulis memori yang lebih cepat.Sebagai penopang daya, baterainya memiliki kapasitas 5.000 mAh dengan densitas energi tertinggi pada smartphone Reno Series, memberikan masa pakai baterai yang lebih lama dan kondisi baterai optimal selama lebih dari 4 tahun tanpa meningkatkan ukuran baterai atau smartphone. Mendukung pengisian cepat 80 watt SUPERVOOC, baterai dapat diisi dari 1% hingga 32% hanya dalam 10 menit dan hanya memerlukan 46 menit untuk pengisian penuh 100%.Diantara fitur menarik yang inovatif lainnya adalah AI LinkBoost generasi terbaru yang terdiri dari sembilan antena individual yang disusun dalam arsitektur 360° surround. AI LinkBoost mampu meningkatkan penerimaan sinyal dan mengoptimalkan pemilihan jaringan menggunakan model AI tingkat sistem untuk melakukan peralihan jaringan yang cepat berdasarkan lingkungan jaringan pengguna. Meningkatkan latensi jaringan di area dengan sinyal lemah atau jaringan sibuk, meningkatkan seamless switch antara WiFi dan jaringan seluler, dan mempercepat kecepatan pemulihan sinyal saat keluar dari lift atau basement. Dengan Sertifikasi Performa Jaringan Tinggi TÜV Rheinland pertama di dunia, Reno12 Series teruji untuk memberikan pengalaman jaringan lancar di semua skenario.Selain itu OPPO juga memperkenalkan BeaconLink yang dapat meningkatkan transmisi Bluetooth untuk panggilan suara antar perangkat pada jarak hingga 200 meter dalam situasi darurat tanpa memerlukan pulsa dan data.

Harga dan KetersediaanOPPO Reno12 Pro 5G dengan konfigurasi memori 12GB/512GB dibanderol seharga Rp8.999.000, sedangkan untuk perangkat Reno12 5G dengan konfigurasi memori 12GB/512GB dijual seharga Rp7.999.000 dan untuk varian 12GB/256GB dijual seharga Rp6.999.000. Reno12 Series dapat dibeli secara luring di seluruh OPPO Store, OPPO Gallery, OPPO Experience Store, dan toko rekanan resmi OPPO Indonesia. Sedangkan untuk pembelian secara daring, konsumen bisa mendapatkan perangkat Reno12 Pro 5G di Blibli dan perangkat Reno12 5G di Tokopedia. Khusus untuk perangkat Reno12 5G varian 12GB/512GB akan tersedia secara eksklusif hanya di Erafone mulai tanggal 4 Agustus 2024.