Find Us On Social Media :

Opensignal: Biznet dan First Media Terdepan untuk Fixed Broadband

By Cakrawala Gintings, Kamis, 8 Agustus 2024 | 23:45 WIB

Ilustrasi Opensignal.

Opensignal belum lama ini membagikan hasil studinya mengenai pengalaman berinternet yang ditawarkan para penyedia layanan fixed broadband di Pulau Jawa. Dibagikan pada bulan Juli lalu via situsnya, Opensignal menyebutkan bahwa Biznet dan First Media menjadi yang terdepan untuk pengalaman fixed broadband di Pulau Jawa pada periode studinya. Biznet unggul pada kecepatan unduh dan kecepatan unggah, sedangkan First Media unggul pada pengalaman video.

Studi yang dilakukan Opensignal itu berlangsung dari 6 Maret 2024 dan berlangsung selama 90 hari. Studi yang dilakukan berfokus pada kecepatan unduh, kecepatan unduh puncak, kecepatan unggah, dan pengalaman video. Adapun untuk metode koneksi yang dicakup dalam studi tersebut adalah berbagai metode koneksi berbeda seperti kabel, FTTH (fiber to the home), FWA (fixed wireless access), dan xDSL (x digital subscriber line). Metode koneksi yang memanfaatkan seluler tentunya tidak termasuk.

Berdasarkan studi Opensignal, Biznet memberikan kecepatan unduh rata-rata tertinggi, kecepatan unduh puncak tertinggi, dan kecepatan unggah rata-rata tertinggi. Biznet memberikan kecepatan unduh rata-rata sebesar 32,2 Mbps, kecepatan unduh puncak sejumlah 150,3 Mbps, dan kecepatan unggah rata-rata sebesar 20,4 Mbps. Di posisi kedua terdapat First Media untuk kecepatan unduh rata-rata dengan 31,8 Mbps dan kecepatan unduh puncak dengan 126,1 Mbps, serta MyRepublic untuk kecepatan unggah rata-rata dengan 18,8 Mbps.

Adapun First Media, berdasarkan studi Opensignal, memberikan pengalaman video terbaik. First Media dalam skala nilai dari 0 sampai 100 mendapatkan nilai 70,3. Posisi kedua ditempati oleh Oxygen.id dengan nilai 68,7. Opensignal menyebutkan nilai dari 68 sampai 78 dikategorikan sangat baik. Lebih lengkapnya mengenai peringkat dan besaran yang diperoleh masing-masing penyedia layanan fixed broadband berdasarkan studi Opensignal yang dimaksud bisa dilihat pada Gambar 1 dan Gambar 2.

Terdapat sebelas ISP (internet service provider) di Pulau Jawa yang dibandingkan Opensignal, sebagian berasal dari perusahaan yang sama. Kesebelas penyedia layanan bersangkutan adalah Biznet, CBN, First Media, Icon Plus, IndiHome (Telkomsel), Indosat HiFi, MNC Play, MyRepublic, Orbit (Telkomsel), Oxygen.id, dan XL.

Gambar 1. Pengalaman berinternet fixed broadband di Pulau Jawa: kecepatan unduh dan kecepatan unggah.

Gambar 2. Pengalaman berinternet fixed broadband di Pulau Jawa: kecepatan unduh puncak dan pengalaman video.