Aplikasi ride-hailing Maxim meluncurkan fitur baru yakni fitur rating (peringkat) untuk mitra driver (pengemudi). Fitur tersebut hadir sebagai cara untuk melihat penilaian atas kinerja mitra driver.
Melalui fitur ini, pengguna layanan Maxim dapat melihat rating driver dengan skala 0 sampai 5 bintang saat memesan layanan perjalanan ataupun pesan-antar.
Penilaian terhadap peringkat driver dibentuk berdasarkan kinerja driver dalam menyelesaikan tugasnya dengan baik.
Untuk mendapatkan peringkat yang tinggi, driver harus memenuhi tugas dan tanggung jawabnya dengan baik.
Faktor-faktor yang menjadi tolak ukur yang mempengaruhi rating driver di antaranya adalah jumlah pesanan yang diselesaikan, tingkat penolakan pesanan dari driver, feedback (umpan balik) dari pengguna, dan pelanggaran aturan layanan yang dilakukan.
Peringkat driver ini akan mempengaruhi urutan distribusi order yang didapatkan di aplikasi driver Maxim. Dengan kata lain, driver dengan peringkat tinggi akan diprioritaskan atau berpeluang lebih besar untuk mendapatkan orderan baik orderan perjalanan maupun orderan pesan-antar.
Dirhamsyah, Director Development Maxim Indonesia mengatakan “Dengan diluncurkannya fitur rating ini diharapkan dapat memotivasi driver kami untuk bekerja sepenuh hati serta membuat mereka semakin disiplin dalam bekerja yang mana hal tersebut juga untuk kebaikan mereka sendiri.”
Selain menghadirkan fitur rating untuk driver, Maxim juga meluncurkan fitur rating untuk pengguna. Dengan fitur ini, driver Maxim dapat memberikan penilaian kepada pengguna yang juga akan mempengaruhi rating pengguna itu sendiri.
Ke depannya, driver akan melihat penilaian pengguna secara keseluruhan dan dapat menavigasinya.
Sebagai informasi, layanan Maxim telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 2018 dan saat ini layanannya telah tersedia di 250 kota/kabupaten.
Baca Juga: Nih! Lima Merek Motor yang Paling Banyak Digunakan Driver Ojol Maxim