Find Us On Social Media :

Punya Sifat Tak Memihak, AI Bakal Jadi Bos Lebih Baik dari Manusia

By Adam Rizal, Rabu, 14 Agustus 2024 | 11:30 WIB

Ilustrasi artificial intelligence (AI)

AI menjadi anggota baru dalam kehidupan   manusia menurut hasil survei Kaspersky terbaru ‘Excitement, Superstition and great Insecurity – How global Consumers engage   with the Digital World’. Studi tersebut juga   menemukan bahwa saat  ini kecerdasan   buatan mengambil peran baru di   bidang-bidang tertentu.

Sepertiga responden (34%) percaya bahwa AI dapat menjadi pemimpin yang lebih baik daripada manusia karena sifatnya yang tidak memihak. Sebagian besar (57%) siap   menggunakan AI untuk menjalankan   kehidupan sehari-hari mereka dengan lebih e6sien, dan 31% akan menggunakan AI untuk membantu mereka menemukan pasangan yang tepat di aplikasi kencan.

Berdasarkan statistik dari Similarweb, ChatGPT, salah satu chatbot paling populer di dunia, memperoleh   153 juta kunjungan pada bulan pertama   setelah peluncurannya pada November   2022, dan mencapai puncaknya pada 2 miliar   kunjungan pada April  2024. 

Mengingat kemajuan pesat dalam AI, Kaspersky telah melakukan studi mendalam untuk mengeksplorasi tingkat kepercayaan saat ini terhadap AI. Studi ini meneliti peran AI mulai dari  posisi manajemen di tempat kerja hingga membantu membuat keputusan penting dalam hidup.

Menurut studi tersebut, responden melihat AI sebagai bagian dari mereka di tempat kerja, dan seorang manajer 34 persen  percaya AI   dapat menjadi bos yang lebih adil daripada manusia. Area lain tempat AI dapat berperan aktif adalah pendidikan. Hampir setengah responden (47%) memperkirakan anak-anak akan diajari melalui pengalaman virtual dan Metaverses dalam waktu dekat.

Setengah dari semua konsumen (50%) percaya bahwa AI telah menjadi bagian yang tidak dapat dihindari  dalam hidup mereka dengan 43% memiliki pandangan positif  terhadap potensinya untuk menghadirkan banyak peluang menarik dan meningkatkan masa depan bagi semua orang. Mayoritas responden mengakui bahwa AI memiliki kemampuan di area kreatif 62% percaya AI adalah produsen karya seni yang kredibel.

Baca Juga: Alasan Google Bakal Kalah dan Tertinggal dalam Perlombaan AI