Find Us On Social Media :

Gantikan Google Assistant, Google Bakal Pasang Gemini AI ke Pixel 9

By Adam Rizal, Senin, 19 Agustus 2024 | 12:00 WIB

Google Pixel 9

Google tidak mau kalah dengan para kompetitornya yang menyematkan fitur artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan ke dalam perangkat smartphone-nya seperti Samsung dengan Galaxy AI dan Apple dengan Apple Intelligence. Kali ini Google mengintegrasikan chatbot AI Gemini AI menjadi assisten default pada HP flagship Pixel 9 menggantikan Google Assistant.

Sissie Hsiao (Wakil Presiden dan Manajer Umum Gemini Experiences di Google) mengatakan Gemini merupakan evolusi dari Google Assistant di perangkat seluler. Meskipun pengguna masih dapat beralih kembali ke Google Assistant klasik, Gemini adalah versi baru dari asisten digital tersebut.

"Gemini, yang didukung oleh model bahasa besar buatan Google, akan mampu melakukan semua tugas yang sebelumnya bisa dilakukan oleh Google Assistant klasik," katanya seperti dikutip Engadget.

Pengguna dapat meminta Gemini untuk menjalankan tugas-tugas sederhana seperti menghidupkan lampu atau memutar musik, serta menjawab pertanyaan kompleks seperti "Bagaimana cuaca di akhir pekan di Mountain View dan San Francisco, dan mana yang lebih panas?" untuk membantu mereka memutuskan destinasi yang ingin dikunjungi.

Hsiao menekankan bahwa Gemini jauh lebih canggih dibandingkan Google Assistant sebelumnya, dengan kemampuan AI generatif yang memungkinkan pembuatan gambar dan teks, sekaligus menjalankan tugas-tugas tradisional dengan lebih kaya dan lancar.

Gemini juga dapat digunakan sebagai asisten di sebagian besar ponsel Android terbaru, baik Pixel maupun lainnya, namun pengguna harus memilih untuk mengaktifkannya. Anda perlu menjalankan Google Assistant terlebih dahulu dan memintanya untuk beralih ke Gemini saat diminta.

"Ini benar-benar evolusi AI generatif yang sangat besar dari produk tersebut. Ia dapat melakukan semua hal AI generatif seperti pembuatan gambar dan pembuatan teks, tetapi ia juga dapat melakukan semua hal di masa lalu dengan cara yang jauh lebih kaya dan lebih lancar," katanya.

Google juga akan segera meluncurkan Pixel 9 dengan fitur Google AI, sebuah fitur yang mirip dengan Galaxy AI di Samsung dan Apple Intelligence di iPhone. Salah satu fitur unggulan Google AI adalah 'Pixel Screenshots,' yang memungkinkan pengguna mencari dan merangkum isi screenshot.

Fitur ini berbeda dari Microsoft Recall yang kontroversial, karena hanya memproses screenshot yang diambil pengguna, tanpa mengirim data ke cloud. Fitur ini juga menyimpan metadata untuk memudahkan pencarian. Pengguna dapat menonaktifkan fitur ini di Pengaturan. Selain itu, Google AI akan memiliki fitur kamera 'Add Me' yang memastikan semua orang terlihat di foto grup, serta fitur 'Studio' untuk membuat stiker dan gambar dengan AI. 

Pixel 9 dan Google AI akan diperkenalkan pada 13 Agustus, dengan Pixel 9 series hadir dalam tiga varian dan desain kamera belakang baru.

Baca Juga: Microsoft Tambahkan Fitur AI Copilot ke Browser Edge, Ini Kemampuannya