Find Us On Social Media :

WhatsApp Rilis Tiga Fitur Baru untuk Dukung Bisnis di Indonesia

By Rafki Fachrizal, Jumat, 23 Agustus 2024 | 13:35 WIB

Pieter Lydian – Country Director, Indonesia, Meta.

Meta, perusahaan induk WhatsApp, meluncurkan sejumlah fitur baru di WhatsApp Business untuk membantu bisnis di Indonesia berkembang.

Fitur-fitur baru tersebut diumumkan dalam ajang WhatsApp Business Summit (WABS) yang berlangsung di The Ritz-Carlton Jakarta, Pasific Place pada Kamis (22/08/2024). WABS yang digelar tahun ini merupakan yang kali ke-dua digelar di Indonesia.

Ada tiga fitur baru yang diumumkan WhatsApp untuk mendukung bisnis dalam acara tersebut. Pertama, fitur Verifikasi Meta.

Setelah mengumumkan bahwa Indonesia menjadi salah satu negara pertama yang menerima fitur ini bulan Juni lalu, Verifikasi Meta untuk whatsApp kini telah tersedia melalui aplikasi WhatsApp Business bagi UKM di Indonesia yang memenuhi syarat.

Lencana terverifikasi pada profil bisnis akan meningkatkan kepercayaan pelanggan. Bisnis yang menggunakan Meta Verified akan menerima dukungan akun tingkat lanjut serta akses multi-perangkat untuk karyawan mereka. Lencana ini juga akan tampil di halaman WhatsApp Channels dan Business mereka, sehingga mudah dibagikan di media sosial dan situs web.

Kedua, fitur panggilan dalam chat dengan bisnis berskala besar. Saat ini WhatsApp sedang menguji fitur baru di mana pelanggan akan dapat melakukan panggilan WhatsApp langsung ke bisnis. 

Fitur ini, yang diaktifkan melalui WhatsApp Business Platform, akan memungkinkan pelanggan terhubung dengan bisnis secara lebih cepat dan nyaman. WhatsApp akan memperluas fitur ini untuk menjangkau lebih banyak bisnis dalam waktu dekat.

Ketiga, fitur Meta AI untuk WhatsApp Business. WhatsApp mulai menerapkan teknologi AI pada bisnis yang menggunakan platform perpesanan ini untuk membantu mereka meningkatkan kualitas dan kecepatan layanan kepada pengguna.

Teknologi ini juga memungkinkan mereka membuat iklan tanpa biaya tambahan. Ini adalah tahap awal, dan WhatsApp akan terus berupaya menyempurnakannya sebelum meluncurkannya kepada lebih banyak bisnis di seluruh dunia.

Indonesia Pimpin Tren Perpesanan Bisnis

Saat berbicara mengenai perpesanan bisnis, Indonesia memimpin dalam tren ini—di mana hampir 90% orang dewasa pengguna internet di Indonesia mengirimkan pesan ke bisnis setidaknya sekali seminggu. Angka ini melampaui rata-rata global 79,4%.

Dalam sesi presentasinya, Pieter Lydian – Country Director, Indonesia, Meta, menekankan pentingnya perpesanan bagi bisnis lokal serta urgensi untuk mengadopsinya sekarang juga.

"Mengingat 87% konsumen Indonesia lebih memilih perpesanan sebagai cara utama untuk berkomunikasi dengan bisnis, maka penting bagi para pelaku bisnis untuk memanfaatkan platform perpesanan dalam berinteraksi dengan konsumen modern. Kami memahami betapa pentingnya WhatsApp dalam kehidupan sehari-hari dan akan terus mendukung bisnis untuk meraih kesuksesan dengan WhatsApp,” jelas Pieter.

Baca Juga: Fitur Baru WA Ini Bikin Pengguna Lebih Aman Sebelum Masuk Grup WA