Find Us On Social Media :

Cloudera Penuhi Standar PCI DSS 4.0, Ini Artinya Bagi Inisiatif AI Pelanggan

By Liana Threestayanti, Senin, 26 Agustus 2024 | 15:00 WIB

Cloudera mengumumkan keberhasilannya memperoleh sertifikasi untuk standar keamanan dalam sistem pembayaran Level 1 compliance Data Security Standard (DSS) for Service Providers dari Payment Card Industry (PCI).

Cloudera mengumumkan keberhasilannya memperoleh sertifikasi untuk standar keamanan dalam sistem pembayaran Level 1 compliance Data Security Standard (DSS) for Service Providers dari Payment Card Industry (PCI).

Dengan pencapaian ini, Cloudera on Cloud dan Cloudera on Premise telah memenuhi persyaratan PCI DSS v4.0, yang merupakan versi utama dan terbaru dari framework ini.

Bagi pelanggan, pencapaian Cloudera dalam memenuhi standar keamanan PCI DSS 4.0 ini  menunjukkan dukungan Cloudera terhadap lembaga keuangan untuk mendapatkan manfaat bisnis dari teknologi AI melalui keamanan siber dan kepatuhan yang lebih mumpuni.

Keberhasilannya meraih sertifikasi dengan standar keamanan terbaru untuk PCI juga memperlihatkan kemampuan Cloudera untuk cepat beradaptasi dengan persyaratan keamanan sektor keuangan terbaru, saat ancaman terus berkembang dan semakin canggih.

Sebagai informasi, standar PCI DSS (Payment Card Industry Data Security Standard) berperan menetapkan pengendalian keamanan dan proses yang ketat untuk entitas yang terlibat dalam ekosistem pembayaran.

Standar ini juga mencakup persyaratan khusus bagi pengembang dan penyedia solusi untuk memastikan bahwa perangkat pembayaran, perangkat lunak, dan solusi terkait industri pembayaran dikelola dan dibangun dengan aman. Tujuannya adalah untuk melindungi data sensitif dan menjaga keamanan dalam transaksi keuangan.

Peran penting standar PCI DSS menjadi semakin relevan seiring meningkatnya volume transaksi digital dan data yang diproses. Misalnya meningkatnya bisnis di sektor e-commerce secara cepat juga meningkatkan jumlah data yang harus dikelola oleh lembaga keuangan. Kebutuhan untuk melindungi data tersebut juga semakin besar. 

Menurut laporan 2024 Global Financial Stability dari International Monetary Fund, satu dari lima serangan siber menargetkan sektor keuangan dan risiko ini sebagian besar didorong oleh ketergantungannya pada penyedia IT pihak ketiga. 

Dalam kaitannya dengan adopsi artificial intelligence (AI), termasuk AI generatif, memiliki sertifikasi PCI DSS menunjukkan Cloudera mematuhi standar keamanan tertinggi dalam melindungi data pembayaran, yang penting ketika lembaga keuangan menggunakan AI untuk berbagai aplikasi, seperti asisten virtual, penciptaan data sintetis, pendeteksian penipuan, dan lain-lain.

Dengan memenuhi standar PCI DSS, Cloudera memastikan keamanan data yang digunakan oleh model AI, dan memberikan kepercayaan kepada lembaga keuangan bahwa mereka dapat mengadopsi teknologi AI secara lebih luas dan aman. 

Analis industri, Sanjeev Mohan menekankan pentingnya industri layanan keuangan bekerja sama dengan penyedia solusi pihak ketiga yang tepercaya di tengah maraknya transformasi digital.  

“Lembaga keuangan bisa melihat compliance dengan framework yang kuat, seperti PCI DSS 4.0, sebagai indikator bahwa mitra yang mereka pilih untuk bekerja sama adalah mitra yang bisa menavigasi kompleksitas data mereka dengan aman dan berkembang di masa depan AI,” imbuh Sanjeev. 

Natalia Belaya, Chief Information Security Officer, Cloudera menegaskan komitmen Cloudera untuk menyediakan dan menjaga platform yang aman dan tepercaya guna mendukung inisiatif data pelanggan yang terus berkembang, serta membantu pelanggan memanfaatkan AI secara lebih maksimal.

Baca juga: Rilis 2 Update, Cloudera Tingkatkan Keamanan, Efisiensi Manajemen Metadata