Find Us On Social Media :

Fortinet Tawarkan Kemampuan Operasi Keamanan TO Berbasis AI

By Adam Rizal, Senin, 2 September 2024 | 15:05 WIB

Fortinet

Fortinet, pemimpin keamanan siber global yang mendorong konvergensi jaringan dan keamanan, hari ini mengumumkan pembaruan pada platform keamanan TO -nya, yang sudah menjadi yang terlengkap di industri ini. 

John Maddison (Chief Marketing Officer di Fortinet) menggunakan semakin banyaknya infrastruktur operasional yang terhubung, permukaan seranganpun semakin meningkat, yang menyebabkan risiko siber yang lebih besar. Alat keamanan teknologi informasi (TI) tradisional kurang efektif dan lebih buruk lagi, bahkan tidak dapat diterapkan dalam lingkungan teknologi operasional (TO). 

"Fortinet telah membangun platform keamanan TO terkemuka di industri selama lebih dari 20 tahun, dan hari ini kami dengan bangga mengumumkan banyak peningkatan di semua platform," katanya.

Menurut Laporan Kondisi Teknologi Operasional dan Keamanan Siber Fortinet 2024, serangan siber yang membahayakan sistem TO semakin meningkat, dengan hampir tiga perempat (73%) organisasi mengalami intrusi yang berdampak sistem TO saja atau sistem TO dan TI (yang naik dari 49% pada tahun 2023). Karena itu, sangat penting bagi organisasi untuk menerapkan solusi keamanan siber yang secara khusus dirancang untuk lingkungan TO.

Berdasarkan pengalaman lebih dari dua dekade sebagai pemimpin keamanan siber global, platform keamanan TO Fortinet dirancang untuk mengurangi risiko industri dan mempercepat serta mengoptimalkan perjalanan keamanan TO pelanggan. 

Identifikasi aset yang ditingkatkan dan topologi jaringan TO di TO View FortiOS dengan lokasi aset yang dapat dikonfigurasi guna meningkatkan identitas aset, lokasi, dan jalur komunikasi. Pengenalan tanda tangan pada patching virtual dalam  Layanan Keamanan TO FortiGuard memberikan perlindungan kerentanan yang luas dan perlindungan aset TO yang belum diperbarui.

FortiSwitch Rugged 216F-POE (power over Ethernet) dirancang untuk mendukung lingkungan industri yang membutuhkan bandwidth tinggi serta arsitektur yang memiliki redudansi dan yang kedua yaitu FortiSwitch Rugged 424F-POE, memiliki fitur yang dirancang untuk memberi daya pada perangkat Industrial-Internet-of-Things (IIoT). 

FortiSRA memungkinkan akses jarak jauh yang aman untuk mendukung kontraktor pihak ketiga, auditor, dan karyawan jarak jauh, sehingga melindungi sistem TO penting dari ancaman dari akses jarak jauh dan jaringan yang tidak tepercaya.

Pembaruan FortiExtender Vehicle memungkinkan manajemen armada dalam bentuk faktor yang kokoh untuk menahan kondisi lingkungan yang keras dan menawarkan ekstensi LAN yang aman dari FortiGate Next-Generation Firewalls jarak jauh untuk menciptakan platform yang benar-benar terpadu bagi kendaraan dan responden pertama.

Memperluas Kemampuan Operasi Keamanan TO Berbasis AI untuk Melindungi Diri dari Ancaman TO yang Berkembang

Kemampuan TO yang diperluas di FortiSOAR, termasuk pengenalan View TO – dasbor ikhtisar TI/TOdengan manajemen aset TO – dan buku pedoman kepatuhan baru untuk meningkatkan visibilitas jaringan dan aset TO serta perbaikan untuk TO.

Peningkatan kemampuan analitik dan pelaporan di FortiAnalyzer dengan membuat laporan NERC CIP, IEC 62443-3-3, dan Risiko TI/TO. Dasbor IoT/IIoT/TO yang akan datang mencakup dukungan analitik untuk Internet-of-Medical-Things (IoMT) untuk lebih membantu kepatuhan regulasi dan evaluasi postur keamanan.

FortiNDR untuk TO menyediakan analisis perilaku jaringan untuk mengidentifikasi ancaman yang diketahui dan tidak diketahui di seluruh infrastruktur TI/TO dan mendeteksi anomali jaringan TO. FortiDeceptor-as-a-Service menawarkan anti penipuan yang diperluas untuk TO dan IoT dengan perangkat dan protokol tambahan serta penerapan yang disederhanakan untuk menyederhanakan pengalaman pengguna. 

Ekosistem kemitraan global Fortinet menyatukan organisasi dengan keahlian TO khusus guna membantu pelanggan memaksimalkan ketahanan siber serta meningkatkan efisiensi operasional.

Kolaborasi baru-baru ini dengan mitra Fortinet Alliance, Armis, Claroty, dan OTBase, sebagai bagian dari Ekosistem Terbuka Fortinet, telah menciptakan integrasi baru yang disempurnakan dengan FortiManager, FortiSIEM, FortiSOAR, dan FortiNAC untuk memaksimalkan informasi aset TO yang dapat ditindaklanjuti, menyederhanakan operasi jaringan TO bagi pelanggan, serta meningkatkan postur keamanan pelanggan.

Selain itu, Fortinet juga memperkenalkan sebutan praktik TO Engage Preferred Services Partner (EPSP) untuk memberdayakan mitra saluran TO dengan alat yang mereka butuhkan untuk merancang dan menyebarkan infrastruktur jaringan TO.

Baca Juga: Kaspersky Sukses Blokir Hampir 5 Juta Ancaman Siber di Indonesia