Find Us On Social Media :

Kini Anda Bisa Meminta Gemini AI Mengatur Isi Aplikasi Gmail

By Adam Rizal, Selasa, 3 September 2024 | 09:00 WIB

Ilustrasi Google Gemini.

Google memperkenalkan fitur terbaru Gmail Q&A di aplikasi Gmail yang memungkinkan pengguna berinteraksi langsung dengan asisten AI Gemini. Fitur itu akan diluncurkan secara bertahap untuk pelanggan Gemini, Google One AI Premium, dan akan segera tersedia bagi pengguna iOS.

Fitur Gmail Q&A memungkinkan pengguna  menggunakan Gemini merangkum, mencari, dan mengelola email dengan cepat. Pengguna bisa meminta Gemini untuk membuat ringkasan email terkait topik tertentu, seperti "Buatkan ringkasan email tentang rencana kuartalan," atau untuk menjawab pertanyaan spesifik, seperti "Berapa biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk acara pemasaran terakhir?"

Namun, Google mengingatkan pengguna untuk tetap berhati-hati karena Gemini masih mungkin menghasilkan jawaban yang tidak akurat atau keliru, sebuah fenomena yang dikenal sebagai "halusinasi" AI. Google menyatakan bahwa mereka terus menerima masukan dari pengguna dan berupaya menyempurnakan fitur ini.

Selama ini pengguna Gmail menggunakan bilah pencarian untuk menemukan informasi di kotak masuk mereka. Dengan Gmail Q&A, Google ingin mengubah cara pengguna mengakses informasi dengan mendorong mereka untuk berinteraksi dengan Gemini. Fitur itu menambahkan tombol Gemini di sebelah bilah pencarian, sehingga pengguna dapat mengajukan pertanyaan langsung kepada AI, yang akan memberikan ringkasan serta referensi dari email asli.

Google menjelaskan bahwa Gemini bukan hanya alat pencarian, melainkan asisten pribadi yang akan semakin terintegrasi dengan berbagai produk Google, seperti Google Docs dan Google Calendar. 

"Ini adalah bagian dari upaya kami untuk menciptakan pengalaman pengguna yang lebih interaktif melalui AI," kata Google dalam pernyataannya.

Sejak diluncurkan pertama kali pada bulan Juni lalu untuk pengguna Gmail versi web, fitur Gmail Q&A baru tersedia bagi mereka yang berlangganan Gemini atau Google One AI Premium dengan biaya sekitar USD 20 per bulan. Langkah ini merupakan bagian dari strategi Google untuk memonetisasi AI dan mengintegrasikan teknologi ini dalam produk-produknya.

Saat ini, fitur Gmail Q&A belum tersedia untuk pengguna gratis. Google menekankan bahwa fokus utamanya adalah memberikan layanan premium kepada pengguna yang bersedia membayar biaya langganan. Integrasi Gemini dalam berbagai layanan Google diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi pengguna di tengah pesatnya perkembangan teknologi AI.

Baca Juga: Penjualan iPhone 16 Series Diprediksi Genjot Cuan Apple Rp6 Triliun