Kemampuan untuk membuat konten visual yang efektif amat penting di era kerja saat ini, terutama bila kita ingin mengomunikasikan ide dan menarik perhatian audiens. Hal ini tidak lagi menjadi sesuatu yang eksklusif bagi desainer saja, karena semua karyawan kini merasa perlu untuk berkomunikasi baik itu dalam lingkup internal kantor atau dengan klien mereka.
Ruoshan Tao (Head of Marketing for Southeast Asia and Latin America, Canva) mengatakan sejalan dengan peningkatan jumlah perusahaan di dunia yang mengadopsi paham dahulukan dulu komunikasi visual, kami pun tetap gigih memberdayakan komunitas—ada lebih dari 190 juta pengguna dan terus bertambah—dengan alat-alat desain mutakhir agar mereka dapat membuat konten visual yang bermanfaat.
"Kami berkomitmen untuk membuat Canva menjadi platform yang mengajak dunia untuk mendesain dan memampukan siapa pun untuk memberikan hasil pekerjaan terbaik, entah itu dengan cara menggunakan fitur AI yang menghemat waktu atau memanfaatkan Kit Kerja yang berisi kreasi desain yang dapat disesuaikan dengan mudah untuk setiap merek usaha,” ujarnya.
Mengingat jumlah karyawan dapat berkurang kapan saja saat ada yang cuti atau sakit, alat yang dapat diandalkan untuk meningkatkan produktivitas dan menyederhanakan pekerjaan menjadi cukup krusial. Menurut Laporan Ekonomi Visual Canva, 90% pemimpin bisnis Indonesia memprioritaskan pengadaan alat komunikasi visual yang memudahkan alur kerja. Hasilnya, 81% berinvestasi lebih banyak pada alat komunikasi visual bertenaga AI dibandingkan tahun 2023.
Canva, satu-satunya platform komunikasi visual super lengkap di dunia, menawarkan berbagai alat dan fitur yang dapat membuat pekerjaan tidak hanya menarik secara visual, namun juga efisien pembuatannya, sehingga dapat menghemat waktu. Apapun peran Anda—tenaga pemasaran (marketer), penjualan (sales), pekerja kreatif, staf HRD, atau pengusaha, menguasai lima trik berikut dari Canva dapat merevolusi cara kerja, meningkatkan kualitas karya desain, dan meningkatkan produktivitas.
1. Jangan susah payah mulai dari awal. Manfaatkan Kit Kerja (Work Kits) untuk menghemat waktu
Dengan adanya Kit Kerja dari Canva, komunikasi visual dapat dimanfaatkan oleh semua orang, tidak hanya desainer grafis. Kit Kerja terdiri dari berbagai produk, template, dan macam-macam kreasi desain yang disesuaikan dengan kebutuhan tim pemasaran, HRD, penjualan, dan kreatif. Anda tidak perlu lagi bersusah payah membuat template dari nol. Dalam Kit Kerja ada template dan beragam kreasi desain untuk presentasi, video, dan konten media sosial. Semuanya dapat disesuaikan dengan mudah.
2. Rekam presentasi Anda sebelum memasang status ‘Tidak di Kantor atau Out of Office’
Fitur “Tampilkan dan rekam” di Canva memungkinkan Anda untuk merekam presentasi seolah-olah sedang berada di dalam rapat. Fitur ini berguna tatkala si penyaji presentasi ingin berlibur tapi tetap melaksanakan presentasi atau saat ada anggota tim yang jadwalnya bentrok dengan jadwal rapat.
Saat presentasi selesai direkam, akan muncul tautan yang dapat dibagikan ke orang lain. Saat mereka mengakses tautan tersebut, akan terlihat gambar orang yang menyajikan presentasi di latar depan beserta slide yang dipaparkan. Video dapat dihentikan atau diputar ulang kapan saja, termasuk saat ingin meninjau kembali poin-poin penting yang disajikan.
3. Tampilan visual nan konsisten dengan Kit Merek (Brand Kit)
Yang menjadi ciri khas suatu merek atau brand saat dilihat orang adalah warna, gambar, dan teks. Kit Merek menyatukan hal-hal ini di satu tempat. Setelah disiapkan siapa saja yang berwenang dapat mengakses aset berikut dari editor Canva: font, logo, warna, ikon, gambar/foto, elemen grafis, dan template siap pakai. Kit Merek membantu anggota tim—tak peduli itu tim medsos atau komunikasi internal—dalam membuat kreasi desain atau konten yang terpercaya, profesional, dan konsisten gayanya apapun tujuan pembuatan kreasi desain tersebut.
4. Tingkatkan produktivitas dengan AI generatif
AI generatif dapat menjadi rekan dalam menunjang produktivitas. Produk AI Canva sudah dipakai lebih dari 7 miliar kali sejauh ini, hal ini menjadi contoh bahwa teknologi ini dapat menyederhanakan tugas dan meningkatkan kreativitas. Siapa saja dalam tim dapat menuntaskan lebih banyak pekerjaan dengan sumber daya yang lebih sedikit. Misalnya dengan fitur Terjemahkan di Alih Ajaib (Magic Switch), Anda dapat menerjemahkan dokumen dan presentasi yang super panjang secara otomatis, cukup klik sekali saja.
Fitur berguna lainnya adalah "Teks ke Grafis" (Text to Graphics). Pembuatan elemen grafis nan unik untuk memperkaya desain apa pun jadi lebih mudah. Elemen tersebut dapat berupa ikon, stiker, atau ilustrasi.
Ini hanyalah beberapa contoh alat AI yang dapat dimanfaatkan semua orang di tempat kerja, masih banyak lagi alat AI yang dapat ditemukan di Rangkaian Aplikasi Visual (Visual Suite) dan Studio Ajaib (Magic Studio) dari Canva.
5. Berkolaborasi secara real-time dengan Canva
Dengan beragam fitur kolaborasi di Canva, berbagai tim di seluruh penjuru dunia dapat bekerja sama dan mendesain konten menarik. Ini bukan sekadar meningkatkan efisiensi tetapi juga kreativitas.
Menurut studi global Canva dengan Harvard Business Review Analytic Services, hal-hal yang paling banyak digunakan pemimpin untuk mengembangkan kreativitas adalah platform kolaborasi (65%), komunikasi visual (64%), dan alat visualisasi data (56%). Melalui kolaborasi, proses kreatif dapat ditingkatkan dengan cara berbagi ide, perspektif, dan pendekatan baru.
Selain itu, fungsi kolaboratif Canva mencakup fitur-fitur baru di Canva Docs, editor dokumen daring. Pengguna kini dapat memantau perubahan dan berkolaborasi saat mengedit. Pengguna juga dapat melihat kerangka dokumen panjang agar mereka paham sedang di bagian mana serta memantau komentar dalam rangka berkomunikasi dengan semua anggota tim yang terlibat dalam penyusunan dokumen tersebut.
Baca Juga: Segera Meluncur di Indonesia, Vivo V40 Tawarkan Kamera Zeiss