Find Us On Social Media :

Tinggalkan LCD, Apple Pastikan Semua iPhone Terbaru Pakai Layar OLED

By Adam Rizal, Senin, 9 September 2024 | 09:40 WIB

iPhone 14 Pro Max

Apple akan sepenuhnya beralih menggunakan layar OLED pada semua model iPhone terbaru termasuk layar iPhone SE yang harganya lebih terjangkau. Menurut laporan Nikkei, Apple tidak akan lagi menggunakan layar LCD mulai tahun depan. Hal itu menandai perubahan besar dalam strategi Apple, mengingat layar OLED memiliki teknologi lebih canggih dibandingkan LCD.

Tentunya keputusan itu akan berdampak kepada dua pemasok besar dari Jepang yaitu  Japan Display Inc. (JDI) dan Sharp yang dulunya mendominasi pasokan layar untuk iPhone. Kini, peran dua perusahaan itu sangat terbatas pada penyediaan layar LCD untuk model iPhone SE. Tak menutup kemungkinan,  perubahan itu akan membuat kedua perusahaan besar itu keluar dari rantai pasok iPhone. Sebaliknya, Apple mulai mengandalkan pemasok OLED dari Korea Selatan dan Tiongkok, seperti BOE Technology Group dan LG Display. 

Samsung juga memegang peran besar dengan menguasai 50 persen pangsa pasar OLED iPhone, disusul LG Display dengan 30 persen dan BOE dengan 20 persen. Pergeseran ini menunjukkan dominasi pemasok dari Korea Selatan dan China dalam rantai pasok Apple seperti dikutip Gizchina.

Layar OLED lebih unggul dalam menghasilkan kontras yang lebih baik dan warna yang lebih hidup dibandingkan LCD. Teknologi OLED itu juga tidak memerlukan cahaya latar, memberikan pengalaman visual yang lebih memuaskan. Sejak diperkenalkan pertama kali pada iPhone X pada 2017, OLED telah digunakan pada model iPhone premium. Mulai tahun depan, teknologi ini akan tersedia di semua model iPhone.

Transisi itu menjadi tantangan bagi pemasok LCD seperti JDI dan Sharp, yang dahulu memasok hingga 200 juta panel LCD per tahun, tetapi angka tersebut turun drastis menjadi sekitar 20 juta pada 2023. Meskipun JDI tengah mengembangkan OLED hemat energi, mereka kini hanya memasok untuk produk seperti Apple Watch.

Sementara itu pasar layar OLED terus berkembang pesat. Menurut riset Omdia, untuk pertama kalinya, pengiriman panel OLED ke smartphone diperkirakan akan melampaui LCD pada tahun ini. Pergeseran ini didorong oleh kualitas gambar yang lebih baik dan preferensi konsumen terhadap layar berkualitas tinggi, menjadikan OLED standar baru di industri smartphone.

Baca Juga: Samsung Hadirkan Update Canggih Fitur Galaxy AI, Ini Kemampuannya