Find Us On Social Media :

Apple Watch Series 10 Pakai Chip S10 Berbasis AI, Ini Kemampuannya

By Adam Rizal, Selasa, 10 September 2024 | 11:30 WIB

Apple Watch Series 10 Pakai Chip S10 Berbasis AI, Ini Kemampuannya

Apple baru saja meluncurkan jam tangan pintar Apple Watch Series 10 dalam acara tahunan "It's Glow Time" di Cupertino, California. Jeff Williams (COO Apple) mengatakan Apple Watch Series 10 adalah hasil inovasi selama satu dekade yang menawarkan kecerdasan lebih tinggi, layar wearable terbesar, dan desain yang lebih tipis serta ramping.

"Apple Watch Series 10 dikembangkan berdasarkan inovasi terobosan selama satu dekade untuk menawarkan versi tercanggih, dengan lebih banyak kecerdasan, layar wearable terbesar, dan desain yang lebih tipis dan ramping dari sebelumnya," katanya.

Dengan ketebalan 9,7 mm, Apple Watch Series 10 diklaim sebagai model Apple Watch paling tipis. Meskipun tipis, layarnya 30 persen lebih luas dibandingkan dengan Apple Watch Series 6. Apple Watch Series 10 hadir dalam ukuran 42 mm dan 46 mm, dilengkapi layar OLED wide angle yang 40 persen lebih terang.

Apple Watch Series 10 menggunakan casing aluminium 10 persen lebih ringan dan casing titanium hampir 20 persen lebih ringan dibandingkan casing baja pada Series 9. Apple Watch Series 10 mengusung Chip S10 dengan neural engine 4-core untuk mendukung fitur artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

"Jam tangan ini juga tahan air hingga kedalaman 50 meter dan memiliki fitur deteksi gerakan otomatis, perhitungan putaran, pengukur kedalaman hingga 6 meter, serta sensor suhu air," ujarnya.

Apple Watch Series 10 mengusung sensor detak jantung dan EKG terbaru, Apple Watch Series 10 juga mampu mendeteksi sleep apnea menggunakan akselerometer untuk melacak gangguan pernapasan. Algoritma sleep apnea yang baru menganalisis data gangguan pernapasan, sehingga Apple Watch dapat memberi tahu pengguna jika data menunjukkan tanda-tanda sleep apnea yang konsisten.

Apple Watch Series 10 menawarkan tiga pilihan warna: Rose Gold, Silver Aluminium, dan Black, Apple Watch Series 10 dijual dengan harga US$399 (sekitar Rp6,1 juta) untuk versi GPS dan US$499 (sekitar Rp7,7 juta) untuk versi GPS-seluler.

Baca Juga: Apple Resmi Luncurkan iPhone 16 dan 16 Plus dengan AI, Harganya?