Find Us On Social Media :

Apple Tingkatkan Sistem Operasi watchOS Lewat Fitur Baru Bertenaga AI

By Rafki Fachrizal, Selasa, 10 September 2024 | 12:45 WIB

Ilustrasi Apple Watch.

Sistem operasi (OS) yang digunakan untuk perangkat Apple Watch, yakni WatchOS, telah mendapatkan beberapa peningkatan berupa fitur-fitur yang didukung oleh AI (artificial intelligence).

Hal itu diungkapkan oleh Apple dalam Apple Event 2024 bertajuk “It's Glowtime” yang berlangsung pada Senin (09/09/2024).

Aplikasi Translate (terjemahan) dikabarkan bakal hadir di versi terbaru watchOS, watchOS 11. Seperti pada platform lain, Translate akan memanfaatkan AI untuk pengenalan suara dan terjemahan dalam berbagai bahasa.

Pada Apple Watch Series 9, Apple Watch Series 10 dan Apple Watch Ultra, Translate dapat bekerja tanpa koneksi telepon.

Apple mengatakan bahwa Apple Watch adalah satu-satunya smartwatch saat ini dengan penyimpanan yang cukup untuk mengunduh model bahasa yang diperlukan, di mana pengguna dapat mengunduh hingga 20 model sekaligus.

AI juga meningkatkan Smart Stack, fitur watchOS yang menggunakan informasi kontekstual untuk menampilkan widget yang relevan.

Smart Stack akan segera menambahkan widget baru secara otomatis “saat pengguna membutuhkannya,” kata Apple - mungkin berdasarkan faktor-faktor seperti waktu dan lokasi Anda.

Peningkatan lain di watchOS yang didukung AI, yaitu watchOS 11 memiliki tampilan jam “foto” baru yang akan menggunakan machine learning (pembelajaran mesin) untuk mengidentifikasi dan mengkurasi foto dari perpustakaan pengguna.

Baca Juga: Apple Ungkap AirPods Pro 2 Bisa Dipakai sebagai Alat Bantu Dengar