Find Us On Social Media :

Google One Versi Murah Hadir di Indonesia, Adakah Fitur AI-nya?

By Adam Rizal, Kamis, 12 September 2024 | 13:00 WIB

Google One

Google baru saja meluncurkan paket berlangganan Google One Lite yang merupakan paket termurah dibandingkan dengan opsi lainnya. Paket itu pertama kali terdeteksi di India dan saat ini sedang diuji coba di beberapa negara, termasuk Indonesia, Meksiko, dan Brasil. Google One sendiri adalah layanan berlangganan yang menyediakan penyimpanan cloud tambahan untuk Gmail, Google Drive, Photos, serta fitur lainnya seperti akses ke fitur premium Google Workspace dan chatbot AI Gemini. 

Google One Lite ditawarkan sebagai opsi lebih murah di bawah paket Basic, Premium, dan Premium AI. Di India, harga Google One Lite adalah 59 Rupee per bulan (sekitar Rp10.885), lebih terjangkau dibandingkan paket Basic yang seharga 130 Rupee.

Dengan Google One Lite, pengguna mendapatkan penyimpanan sebesar 30 GB, dua kali lipat dari penyimpanan gratis yang ditawarkan akun Google standar (15 GB). Media penyimpanan itu dapat digunakan di Gmail, Photos, dan Drive tetapi tidak dapat dibagi dengan pengguna lain. Google menyatakan bahwa paket ini hanya tersedia untuk sejumlah pengguna terbatas pada tahap awal.

Paket Basic, yang lebih mahal, menawarkan penyimpanan 100 GB dan memungkinkan berbagi dengan lima pengguna lain. Google One Lite tidak mencakup fitur tambahan seperti Google Workspace premium atau chatbot AI Gemini. Paket ini dirancang untuk pengguna yang hanya membutuhkan penyimpanan tambahan tanpa memerlukan fitur-fitur lain seperti dikutip Android Authority.

Pengguna dapat mencoba Google One Lite secara gratis selama satu bulan, setelah itu biaya langganan sebesar 59 Rupee akan dikenakan per bulan. Belum ada informasi mengenai opsi langganan tahunan, yang biasanya menawarkan diskon hingga 16 persen. Google juga belum memastikan apakah fitur dalam paket ini akan sama di semua negara uji coba, termasuk Indonesia, atau akan ada perbedaan dengan versi di India. Di Indonesia, paket Google One Basic dihargai Rp26.900 per bulan.

Baca Juga: Apa saja Fitur-fitur Apple Intelligence (AI) iPhone 16 Series?