Find Us On Social Media :

Alat Gen-AI ini Bantu Pengguna Roblox Bikin Lanskap Game Sesukanya

By Adam Rizal, Minggu, 15 September 2024 | 11:00 WIB

Alat Gen-AI ini Bantu Pengguna Roblox Bikin Lanskap Game Sesukanya

Roblox akan meluncurkan alat AI generatif open-source yang membantu kreator game membangun lingkungan dan objek 3D dengan lebih mudah. Pengguna cukup mengetikkan apa yang mereka inginkan, misalnya "buat lintasan balap" atau "buat pemandangan gurun", dan AI akan menghasilkan model yang sesuai di dalam game. 

Meski belum ada tanggal rilis pasti, alat AI itu akan menjadi "model dasar 3D" dan memberi pengguna kemampuan untuk mengedit, seperti mengubah waktu atau lanskap. Alat AI merupakan bagian dari strategi Roblox yang lebih luas dalam mengintegrasikan AI ke platform mereka. 

Saat ini, perusahaan menggunakan sekitar 250 model AI, termasuk sistem yang memantau obrolan suara secara real-time untuk moderasi konten. Model AI yang dikembangkan oleh Roblox menggunakan pendekatan mirip dengan model bahasa besar (LLM), yang digunakan dalam teknologi seperti ChatGPT. AI ini memprediksi elemen 3D struktural berikutnya dengan mengolah blok 3D sebagai unit numerik. Tantangan muncul dalam mendapatkan data 3D berkualitas tinggi. 

Anupam Singh (Wakil Presiden AI dan Rekayasa Pertumbuhan di Roblox) menjelaskan bahwa kurangnya data pelatihan 3D yang tepat dapat menyebabkan hasil yang tidak akurat, seperti model hewan dengan kaki terlalu banyak. 

" Kami menggunakan model AI kedua sebagai moderator visual untuk menangkap kesalahan dan memperbaiki hasilnya," ujarnya.

Roblox berencana membuat model dasar 3D ini open-source dan memungkinkan pengembang lain termasuk pesaing, untuk menggunakannya dan mengembangkannya lebih lanjut. Langkah itu dapat memanfaatkan pengetahuan kolektif dari para pengembang AI dan mempercepat inovasi.

Baca Juga: OpenAI Luncurkan Model AI Canggih o1, Jago Kerjakan Soal Matematika