Find Us On Social Media :

Resmi Meluncur Tanpa Fitur AI, Ini Daftar iPhone yang Kebagian iOS 18

By Adam Rizal, Selasa, 17 September 2024 | 11:00 WIB

Resmi Meluncur Tanpa AI, Ini Daftar iPhone yang Kebagian iOS 18

Apple resmi merilis sistem operasi iOS 18 pada Senin dengan fitur utama yang difokuskan pada kustomisasi dan perombakan aplikasi bawaan. Sayangnya, fitur unggulan Apple Intelligence (AI) belum tersedia dalam update iOS 18. Fitur AI belum tersedia dalam perilisan awal ini dan baru akan hadir pada pembaruan iOS 18.1 pada Oktober.

Dalam iOS 18, pengguna mendapatkan lebih banyak opsi untuk menyesuaikan tampilan layar utama, termasuk kemampuan memindahkan ikon dan mengubah ukuran serta warna ikon agar lebih estetis. Control Center juga mendapatkan pembaruan, memungkinkan pengguna untuk mengatur notifikasi dan tombol favorit, serta menyesuaikan fitur di layar kunci. Masih di Control Center, pengguna juga kini bisa mengakses fungsi atau tombol Control Center yang sudah dikategorikan sebagai "favorites" lewat Action Button, serta mengubah atau menghilangkan fitur controls yang ada di tampilan Lock Screen. 

Selain itu, beberapa aplikasi bawaan seperti Photos, Messages, dan Mail juga mengalami perombakan tampilan dan penambahan fitur. Misalnya, aplikasi Photos kini memiliki koleksi baru seperti Recent Days dan People & Pets, serta fitur interaktif baru di Messages dan transkrip rekaman di Phone. Di Photos, pengguna juga bisa mengatur apa saja koleksi atau album foto yang mereka ingin tampilkan di halaman utama aplikasi tersebut, supaya lebih mudah diakses.

Fitur lainnya termasuk Game Mode untuk pengalaman bermain game yang lebih baik, peningkatan di Apple Maps, dan dukungan baru di Notes. Fitur pembayaran baru di Apple Pay, dukungan rumus matematika baru di Notes dan lain sebagainya. 

Untuk memperbarui iOS ke versi terbaru, pengguna bisa mengunjungi laman pengaturan alias "Settings". Di sana, pengguna bisa mengeklik menu "General" dan "Software Update" untuk memperbarui iOS atau mengetahui apakah ada pembaruan iOS atau tidak.  

Meski iOS 18 nantinya didukung Apple Intelligence, hanya iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max saja yang kebagian fitur AI generatif tersebut. Hal itu dikarenaka, Apple Intelligence membutuhkan chip A17 Pro atau M1 atau chip generasi lebih baru untuk menjalankan aneka fitur canggih.

Berikut daftar lengkapnya iPhone yang kebagian iOS 18:

iPhone XR

iPhone XS

iPhone XS Max 

iPhone 11 

iPhone 11 Pro

iPhone 11 Pro Max

iPhone 12 

iPhone 12 mini 

iPhone 12 Pro

iPhone 12 Pro Max

iPhone 13

iPhone 13 mini 

iPhone 13 Pro 

iPhone 13 Pro Max 

iPhone 14 

iPhone 14 Plus 

iPhone 14 Pro

iPhone 14 Pro Max

iPhone 15 

iPhone 15 Plus

iPhone 15 Pro

iPhone 15 Pro Max

iPhone 16

iPhone 16 Plus

iPhone 16 Pro

iPhone 16 Pro Max

iPhone SE (2020) 

iPhone SE (2022) 

Baca Juga: Adobe Bakal Hadirkan Alat Pengolahan Video AI Akhir Tahun Ini