Find Us On Social Media :

Lenovo Siap Produksi Server AI di Pabrik India dan Buka Lab AI Baru

By Rafki Fachrizal, Selasa, 17 September 2024 | 21:15 WIB

Ilustrasi Lenovo.

Lenovo Group dilaporkan bakal mulai membuat server AI (artificial intelligence) di pabriknya di India selatan dan membuka laboratorium R&D yang berfokus pada server AI di pusat teknologi Bengaluru.

Hal tersebut diungkapkan Lenovo pada Selasa (17/09/2024), sebagaimana dikutip dari Reuters.

Lenovo mengatakan pihaknya menargetkan produksi 50.000 server rak AI dan 2.400 server GPU (Graphics Processing Unit), yang dirancang khusus untuk tugas-tugas berat seperti machine learning (pembelajaran mesin), setiap tahun di pabrik yang berlokasi di Puducherry.

“Server-server tersebut tidak hanya untuk konsumsi lokal tetapi juga untuk ekspor,” ujar Amar Babu, Presiden Asia Pasifik Lenovo.

Ia menolak untuk mengungkapkan target investasi atau perekrutan untuk laboratorium R&D atau pabrik Puducherry, tempat Lenovo membuat laptop, notebook, dan komputer pribadi (PC).

Permintaan GPU atau chip AI telah meroket sejak gelombang AI generatif yang dimulai pada akhir 2023.

Hardware terkait AI diperkirakan akan menguasai 12% pasar AI global, yang akan meningkat tiga kali lipat menjadi $380 miliar pada tahun 2027, menurut laporan Nasscom-BCG yang dirilis awal tahun ini.

Lenovo, yang memperoleh sekitar 47% pendapatannya dari bisnis non-PC, mengikuti jejak Apple, Foxconn dan Dell dalam meningkatkan kapasitas produksi di India, di mana hal itu dilakukan untuk mengurangi ketergantungan mereka pada Cina.

India juga telah memikat perusahaan-perusahaan, termasuk yang berfokus pada teknologi, dengan memberikan insentif terkait manufaktur.

Baca Juga: Lenovo Legion ColdFront: Hyper Hadir Perdana di Legion 7i & Legion 5i