Find Us On Social Media :

Riset Zebra: Adopsi AI Tingkatkan Pertumbuhan Industri Manufaktur

By Adam Rizal, Rabu, 18 September 2024 | 20:00 WIB

Riset Zebra: Adopsi AI Tingkatkan Pertumbuhan Industri Manufaktur

Zebra Technologies Corporation, penyedia solusi digital terdepan yang memungkinkan perusahaan menghubungkan data, aset dan manusia, hari ini mengumumkan temuan dari 2024 Manufacturing Vision Study. Studi ini menunjukkan bahwa secara global 61% perusahaan manufaktur berharap AI mendorong pertumbuhan tahun 2029, naik dari 41% di tahun 2024. 

Eric Ananda (Country Lead Indonesia Zebra Technologies) mengatakan sebuah studi menyatakan ada potensi besar pemanfaatan AI dalam industri manufaktur Indonesia. Namun, salah satu tantangan utama untuk maju adalah kurangnya tata kelola data internal yang efektif. 

"Sangat penting untuk memiliki strategi manajemen data yang efektif dan algoritma AI yang secara efisien bisa memproses dan menganalisa data dalam jumlah besar untuk menciptakan lingkungan manufaktur yang lincah dan efisien,” katanya.

Di Asia Pasifik, 68% perusahaan manufaktur berharap AI mendorong pertumbuhan tahun 2029, naik dari 46% di tahun 2024. Lonjakan dalam pengadopsian AI ini, digabungkan dengan 92% responden survei global dan 87% di Asia Pasifik yang memprioritaskan transformasi digital, menegaskan keinginan perusahaan manufaktur untuk meningkatkan manajemen data dan memanfaatkan teknologi baru yang meningkatkan visibilitas dan kualitas dalam proses manufaktur.

Meskipun transformasi digital adalah prioritas bagi perusahaan manufaktur, sekitar 30% hingga 40% dari responden di dunia dan Asia Pasifik mengakui bahwa mencapai hal tersebut penuh dengan hambatan, termasuk biaya dan ketersediaan tenaga kerja, meningkatkan solusi teknologi, dan konvergensi teknologi informasi dan teknologi operasional (IT/OT)

Visibilitas adalah langkah pertama menuju transformasi  melalui pengadopsian AI dan teknologi-teknologi baru lainnya. Hal itu memungkinkan perusahaan manufaktur memanfaatkan data dengan lebih efektif untuk mengidentifikasi, merespons, memprioritaskan masalah dan proyek-proyek untuk memberikan efisiensi tambahan di seluruh proses manufaktur, serta memastikan dampak terbaik ke depannya.

Baca Juga: Google Hadirkan AI Gemini Live Gratis ke Semua Pengguna Android