Find Us On Social Media :

F5 Hadirkan Solusi Keamanan dan Manajemen Trafik Berbasis AI

By Adam Rizal, Kamis, 19 September 2024 | 09:30 WIB

F5 Networks, penyedia layanan untuk aplikasi hybrid cloud, mengumumkan kerja sama global Strategic Collaboration Agreement dengan Amazon Web Services (AWS).

F5 hari ini mengumumkan bahwa F5 telah menghadirkan keamanan aplikasi yang handal dan kemampuan untuk menghadirkan AI yang didukung oleh Intel. Solusi gabungan baru ini menggabungkan keamanan dan manajemen trafik terdepan di industri dari NGINX Plus yang ditawarkan oleh F5 dengan optimalisasi dan kinerja mutakhir dari Intel Distribution of OpenVINO toolkit dan Infrastructure Processing Units (IPUs) untuk menghadirkan perlindungan, skalabilitas, dan kinerja yang unggul untuk inferensi AI tingkat lanjut.

Seiring dengan semakin banyaknya organisasi yang mengadopsi AI untuk mendukung aplikasi dan alur kerja yang cerdas, inferensi AI yang efisien dan aman menjadi sangat penting. Kebutuhan ini diatasi dengan menggabungkan toolkit OpenVINO yang mengoptimalkan dan mempercepat inferensi model AI dengan F5 NGINX Plus, yang menyediakan manajemen lalu lintas dan keamanan yang handal. 

Toolkit OpenVINO menyederhanakan optimisasi model dari hampir semua kerangka kerja untuk memungkinkan pendekatan write-once, terapkan di mana saja. Toolkit ini sangat penting bagi para pengembang yang ingin menciptakan solusi AI yang dapat diskalakan dan efisien dengan perubahan kode yang minimal.

F5 NGINX Plus meningkatkan keamanan dan keandalan model-model AI ini. Bertindak sebagai reverse proxy, NGINX Plus mengelola trafik aplikasi, memastikan high availability, dan menyediakan active health checks. NGINX Plus juga memfasilitasi SSL termination dan enkripsi mTLS, menjaga komunikasi antara aplikasi dan model AI tanpa mengorbankan kinerja.

Untuk meningkatkan performa lebih lanjut, Intel IPU melakukan offload layanan infrastruktur dari CPU host, membebaskan sumberdaya yang dibutuhkan untuk server model AI. Intel IPU secara efisien mengelola tugas-tugas infrastruktur, menambahkan ketersediaan sumber daya dalam meningkatkan skalabilitas dan kinerja Server Model NGINX Plus dan OpenVINO ™ (OVMS).

Solusi terintegrasi ini sangat bermanfaat untuk aplikasi-aplikasi canggih, seperti analisis video dan IoT, di mana latensi rendah dan kinerja tinggi sangat penting. Dengan menjalankan NGINX Plus pada Intel IPU, solusi ini membantu memastikan respons yang cepat dan andal, sehingga ideal untuk jaringan pengiriman konten dan penyebaran layanan mikro terdistribusi.

“Bekerjasama dengan Intel memungkinkan F5 untuk mendorong batas-batas penerapan AI. Kolaborasi ini menyoroti komitmen F5 untuk mendorong inovasi dan memberikan solusi inferensi AI yang aman, andal, dan dapat dikembangkan dalam skala besar yang memungkinkan perusahaan untuk memberikan layanan AI dengan aman dan cepat. Solusi gabungan ini memastikan bahwa perusahaan-perusahaan dapat memanfaatkan kekuatan AI dengan kinerja dan keamanan yang unggul,” ujar Kunal Anand, Chief Technology Officer di F5.

“Memanfaatkan akselerasi infrastruktur mutakhir dari Intel IPU dan toolkit OpenVINO bersama dengan F5 NGINX Plus dapat membantu perusahaan-perusahaan untuk merealisasikan solusi-solusi inferensi AI yang inovatif dengan kemudahan, keamanan, dan kinerja yang lebih baik dalam skala besar untuk berbagai pasar vertikal dan beban kerja,” ujar Pere Monclus, Chief Technology Officer, Network and Edge Group, Intel.

Baca Juga: Riset Zebra: Adopsi AI Tingkatkan Pertumbuhan Industri Manufaktur