Find Us On Social Media :

Perkuat Kemitraan, Induk Gojek Umumkan Pakai Teknologi Alibaba Cloud

By Rafki Fachrizal, Kamis, 19 September 2024 | 14:15 WIB

Ilustrasi GoTo.

Perusahaan induk Gojek dan Tokopedia, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (Grup GoTo) mengumumkan kerja sama dengan perusahaan teknologi Alibaba.

Kerja sama terbaru ini dalam bentuk penggunaan teknologi Alibaba Cloud untuk mendukung keseluruhan ekosistem Grup GoTo selama lima tahun ke depan.

Langkah ini akan memperkuat layanan serta inovasi digital GoTo dengan dukungan AI dan teknologi cloud dari Alibaba Cloud.

Patrick Walujo, Direktur Utama GoTo, mengatakan: "Kolaborasi dengan Alibaba ini tidak hanya akan memperkuat infrastruktur teknologi GoTo, namun juga akan meningkatkan kemampuan kami dalam menghadirkan solusi dan layanan terdepan kepada jutaan pengguna dan pelaku bisnis di Indonesia. Kemitraan ini menjadi titik pencapaian penting dalam upaya kami menghadirkan ekonomi digital Indonesia yang tangguh dan inklusif.”

Sebagai bagian dari cakupan kemitraan strategis tersebut, Alibaba Cloud akan menyediakan berbagai layanan terkait cloud, termasuk komputasi cloud, database berbasis cloud, jaringan, keamanan data dan analytics.

Dengan kerjasama ini, kedua belah pihak akan menghadirkan pengalaman terbaik bagi pengguna layanan GoTo di Indonesia, melalui inovasi terbaru di bidang transformasi digital dan kecerdasan buatan.

Penguatan kemitraan strategis ini mengukuhkan komitmen Alibaba sebagai investor jangka panjang GoTo.

Kemitraan ini akan dilakukan selama 5 tahun, dengan komitmen Alibaba untuk mempertahankan kepemilikan saham GoTo selama periode kemitraan tersebut.

Per 31 Agustus 2024, Alibaba Group memiliki 88.531.124.993 lembar saham seri A GoTo.

Selina Yuan, Vice President Alibaba Group dan President International Business, Alibaba Cloud Intelligence mengatakan, “Kami sangat antusias bekerja sama dengan GoTo dalam transformasi digitalnya mendorong inovasi di Indonesia. Kemitraan strategis ini menggabungkan kemampuan cloud computing dan kecerdasan buatan kelas dunia dari Alibaba Cloud dengan ekosistem luas GoTo. Kami berharap dapat memberdayakan berbagai bisnis di Indonesia dan mendorong inovasi untuk memacu pertumbuhan jangka panjang.”

Nota kesepahaman terkait kemitraan ini, ditandatangani pada 13 September 2024, dan menjadi salah satu kemitraan strategis Alibaba Cloud yang paling signifikan di Asia Tenggara.

Layanan cloud GoTo akan mulai bermigrasi ke sistem Alibaba Cloud di bulan Oktober. Perubahan ini akan menyederhanakan kegiatan operasional, meningkatkan efisiensi layanan dan menekan biaya operasional GoTo.

Alibaba Cloud dan GoTo juga akan berkolaborasi dalam berbagai bidang lain, termasuk pengembangan talenta, yang akan menjawab kebutuhan talenta digital dan AI yang berperan penting dalam mempertahankan kemampuan inovasi serta daya saing di tengah lanskap digital yang terus berkembang pesat.

Kedua belah pihak juga akan menjajaki peluang kerja sama lain yang dapat memberdayakan pelaku usaha nasional, serta mendukung pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

Baca Juga: Engineering di GoTo Pakai GitHub Copilot untuk Dorong Produktivitas