Find Us On Social Media :

Hands-on vivo X100 Pro: Spesifikasi Flagship serta Kamera Zeiss

By Dayu Akbar, Minggu, 22 September 2024 | 19:20 WIB

vivo X100 Pro

vivo Indonesia telah resmi meluncurkan smartphone flagship terbarunya melalui seri X100. Ada dua varian yang hadir di tanah air, yaitu vivo X100 dan vivo X100 Pro. Ssesuai penamaannya, seri Pro jadi seri yang paling tinggi dari varian tersebut.Sebagai seri flagship, c yang cocok untuk pembuatan konten foto ataupun video.Untuk lebih detil mengenai vivo X100 Pro, berikut ulasan singkatnya:PackingKelengkapan yang disertakan dalam paket penjualannya cukup menyenangkan. Selain unit vivo X100 Pro, terdapat kabel data type-C, charger, casing silikon bermotif warna hitam, SIM ejector, serta beberapa kertas panduan.

Tampilan belakang vivo X100 Pro dengan (kanan) dan tanpa (kiri) case silikon bawaan.

DesainTampilan paling menarik ada di bagian belakang dimana terdapat frame bulat berukuran besar. Pada frame tersebut terdapat empat bulatan yang terdiri dari tiga lensa dan satu LED flash. Sisi-sisi frame ditambah dengan motif bergerigi sehingga terlihat lebih estetik dan terasa premium.Untuk bodi belakangnya memiliki motif seperti pasir dengan kelap kelip saat terkena pantulan cahaya yang terasa kesat saat dipegang. Hadir dalam satu pilihan warna yaitu Astreoid Black, bodinya menggunakan desain 3D curved dengan sisi-sisi serta tiap sudutnya yang melengkung. Bodinya memiliki panjang 16,4 cm dengan ketebalan sekitar yaitu 0,89 cm saja serta bobot sekitar 225 gram yang cukup ergonomis untuk digenggam. vivo X100 Pro juga dibekali rating IP68 yang membuatnya anti air dan debu, serta tahan saat jatuh dari ketinggian hingga 1 meter atau tercebur ke dalam air tawar selama maksimal 30 menit.

vivo X100 Pro hanya mendukung penggunaan hingga dua SIM tanpa microSD.

Untuk penempatan tombol fisik cukup standar dimana tombol Volume dan Power ada di sisi kanan. Sedangkan di sisi bawah terdapat speaker, port USB type-C, serta slot SIM yang bisa menampung hingga dua SIM tanpa microSD. Menariknya, meski hanya ada satu di sisi bawah namun speakernya sudah stereo karena speaker satunya terdapat di sisi atas. Sisi atas juga terdapat sensor IR Blaster yang berguna sebagai remote control untuk perlatan elektronik rumah tangga.LayarDi sektor layar vivo X100 Pro punya ukuran 6,78 inci dengan resolusi FHD+ atau 2.800 x 1.260 pixels. Panel yang digunakan yaitu AMOLED dengan teknologi low-temperature polycrystalline oxide (LTPO) untuk efisiensi energi. Panel ini sudah mendukung Always On Display yang bisa diatur aktifitasnya.

Layar dengan desain 3D Curved.

Dukungan lainnya termasuk refresh rate hingga 120Hz dengan kemampuan adaptif dari 1 hingga 120Hz. Mendukung pula HDR10+ serta tingkat kecerahan hingga 3500 nits yang membuatnya tetap nyaman dilihat meski dalam kondisi matahari terik.Dengan desain 3D curved, keseluruhan layarnya punya 90,2% screen to body ratio berkat bezel yang dibuat lebih tipis. Sedangkan untuk perlindungan dan daya tahan, layarnya sudah disematkan Corning Gorilla Glass Victus 2. KameraTiga kamera belakangnya sasma-sama memiliki resolusi 50 MP yang terdiri dari kamera utama dengan lensa i inci dari Zeiss dengan resolusi 50 MP. Sensornya menggunakan Sony IMX989 yang punya bukaan f/1.75 serta OIS dan auto focus yang menjanjikan detail tajam didukung teknologi ZEISS T* Coating yang akan mengurangi pantulan cahaya dan membantu terciptanya warna yang akurat.

Konfigurasi tiga kamera dan satu LED flash.

Kamera kedua memiliki lensa ultra wide angle dengan resolusi 50 MP dengan bukaan f/2.0 dan fitur auto focus yang juga memiliki sudut pandang seluas 119.4° dan teknologi koreksi distorsi sebesar 109°. Lensa ini cocok untuk mengambil potret panorama atau foto grup dengan hasil memuaskan. Untuk kamera ketiga memiliki lenssa telephoto 4,3x dengan resolusi 50 MP sehingga pengguna dapat mengabadikan keindahan matahari dengan warna dan bentuk yang akurat berkat fitur Telephoto Sunset yang dimiliki ZEISS APO Telephoto Camera. Pengguna juga dapat merasakan pengalaman videografi sekelas profesional lewat fitur 4K Cinematic Portrait Video.

Fitur kamera di vivo X100 pro

Selain itu pengguna dapat menciptakan potret berkualitas tinggi berkat bantuan ZEISS Multifocal Portrait yang memiliki focal length hingga 100mm. vivo juga memastikan fokus yang cepat dan kestabilan tetap terjaga dengan menyematkan ZEISS dtof pada sistem kamera vivo X100 Pro.Dalam hal perekaman video, vivo X100 Pro mendukung kualitas 4K di 60 fps. Pengguna dapat menciptakan video layaknya film layar lebar dengan memanfaatkan 5 template, di antaranya Nature Portrait, Summer Sea Breeze, Classic Movie, Retro Soft Focus, HK Night.

Contoh hasil kamera utama vivo X100 Pro.

Sementara kamera depannya punya resolusi 32 MP yang juga bisa mendapatkan foto portrait dengan hasil cukup baik meski memang tidak setajam kamera utama. Untuk merekam video, kamera depan ini mendukung hingga full 4K@30 fps.

Hasil foto menggunakan lensa telephoto.

Spesifikasivivo X100 Pro dipersenjatai dengan SoC MediaTek Dimensity 9300 (4 nm) dan jadi smartphone pertama di Indonesia yang menggunakannya. SoC ini diproduksi dengan teknologi 4nm sehingga menjadi lebih powerful tapi tetap hemat daya.Performanya mampu menghasilkan skor Antutu di angka 2,21 jutaan poin yang mana punya performa 40% lebih tinggi namun konsumsi daya 30% lebih rendah.Khusus untuk seri Pro ini, vivo juga menambahkan chip vivo V3 yang merupakan chip khusus untuk menangani proses perekaman video 4K hingga optimalisasi untuk bermain game.Untuk mendukung performa, vivo X100 Pro hadir dalam satu varian memori dengan konfigurasi RAM 16 GB yang ditambah dengan fitur extended RAM hingga 16GB. Sementara kapasitas penyimpanan internalnya sebesar 512 GB yang sayangnya tidak mendukung penambahan memori eksternal MicroSD.

Dengan Android 12 berbasis FunTouch OS 14, dengan beberapa fitur seperti Ultra Game Mode dan pilihan resolusi layar.

Kenyamanan juga dihadirkan melalui sistem pendingin terbaru yang membuatnya tetap nyaman dipegang berkat adanya advanced heat control dengan cooling system yang 74% lebih besar. Baterainya punya kapasitas 5.400 mAh dengan dukungan fast charging 100 watt. Dengannya baterai bisa terisi penuh hingga 50% dalam waktu 14 menit.Harga dan Ketersediaanvivo X100 Pro hanya tersedia dalam satu pilihan warna yaitu Asteroid Black. Untuk harganya, vivo X100 Pro dengan konfigurasi 16GB + 16GB RAM dan 512GB ROM dibanderol seharga Rp16.999.000.