Find Us On Social Media :

Mantan Desainer Legendaris iPhone Garap Hardware AI Pesanan OpenAI

By Adam Rizal, Selasa, 24 September 2024 | 09:30 WIB

Desainer Legendaris iPhone dan iPad Jony Ive Hengkang dari Apple

Jony Ive (Mantan Desainer Apple) yang sukses membuat produk-produk ikonik  seperti iMac, iPod, dan iPhone sedang mengembangkan perangkat keras berbasis artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan pesanan OpenAI. Ya... Bos OpenAI Sam Altman meminta Ive menggarap proyek hardware berbasis AI dan akan dikomersialkan ke pasar. Ive mewakili bentuk desain perangkat elegan dan keren ala Apple supaya menarik banyak pembeli. Sedangkan, software perangkat AI itu akan digarap insinyur OpenAI.

Ive bertemu dengan Sam Altman tahun lalu setelah dikenalkan oleh Brian Chesky, CEO Airbnb, dan sejak itu keduanya beberapa kali bertemu untuk merancang jenis perangkat komputasi baru yang didukung AI generatif. Mereka berfokus pada bagaimana kemajuan AI dapat membuka cara baru dalam berinteraksi dengan komputer dan perangkat lunak.

Laporan itu juga menyoroti diskusi tentang kemampuan AI generatif yang bisa melakukan lebih banyak hal daripada perangkat lunak tradisional, seperti meringkas pesan, mengidentifikasi objek, dan menangani permintaan kompleks, misalnya memesan tiket perjalanan.

Meskipun inovasi semacam ini pernah dicoba sebelumnya, seperti Rabbit R1 dan Humane Ai Pin, proyek tersebut tidak sukses secara komersial. Namun, kolaborasi Ive dan Altman kali ini diperkirakan memiliki peluang lebih baik. Proyek itu melibatkan tim beranggotakan 10 orang, termasuk mantan desainer Apple, Tang Tan dan Evans Hankey, yang sebelumnya bekerja sama dengan Ive dalam pengembangan produk-produk populer seperti iPhone.

Kondisi di dalam Apple juga menciptakan ketidakpastian, terutama setelah seluruh tim desain Jony Ive meninggalkan perusahaan pada 2019. Meskipun alasan pengunduran diri Tan belum terungkap, spekulasi mencuat tentang kemungkinan ketertarikannya pada proyek AI yang menarik perhatian dibandingkan dengan peran sebelumnya di Apple. Meski masih misteri, proyek tersebut terdengar lebih dari sekadar produk biasa, namun belum diketahui siapa yang akan menggantikan Tan sebagai desainer utama baru di Apple. 

Jony Ive adalah desainer ikonik dengan karyanya di era kepemimpinan co-founder Apple, Steve Jobs, seperti iMac, iPhone, dan iPad. Harapannya adalah dapat mengubah perangkat AI bekerja menjadi perusahaan baru, tetapi pengembangan produk masih dalam tahap awal, menurut orang-orang ini seperti dikutip Gizmochina.

Jony Ive adalah kepala desainer di Apple dari tahun 1996 hingga 2019. Ive meninggalkan Apple pada tahun 2019 untuk memulai perusahaannya sendiri, dan dengan demikian dimulailah “periode ketidakstabilan Apple”. LoveFrom adalah firma desain yang didirikan oleh Jony Ive, desainer legendaris Apple yang telah sebutkan di atas. 

Baca Juga: Google Anggarkan Rp1,8 Triliun Berikan Pelatihan AI di Dunia