Find Us On Social Media :

Begini Cara Solusi Event Automation Bantu Perusahaan Manfaatkan Data

By Liana Threestayanti, Kamis, 26 September 2024 | 10:18 WIB

PT Multipolar Technology Tbk. membeberkan pentingnya peran solusi otomatisasi event (event automation) di tengah pertumbuhan pesat data di lingkungan perusahaan. (Foto ki-ka: Elen, Department Head Middleware Cloud Platform; Jip Ivan, Director Enterprise Application Services Business; Fajar Try Putra, Solutions Specialist di Multipolar Technology)

PT Multipolar Technology Tbk. membeberkan pentingnya peran solusi otomatisasi event (event automation) di tengah pertumbuhan pesat data di lingkungan perusahaan.

Menurut laporan IDC, volume data digital global diperkirakan mencapai 175 zettabyte pada tahun 2025, yang menunjukkan peningkatan lebih dari 430% dibandingkan tahun 2018. Prediksi yang sama disampaikan oleh Statista, yaitu lebih dari 180 zettabyte pada tahun 2025, dengan sektor keuangan sebagai penyumbang terbesar dari pertumbuhan tersebut. 

Pertumbuhan data digital yang pesat itu membawa perubahan signifikan dalam dunia bisnis. Setiap hari, perusahaan mengumpulkan data berharga yang berasal dari berbagai aktivitas pelanggan, atau yang disebut event, seperti klik pada website, transaksi online, dan interaksi dengan aplikasi.

Jip Ivan, Director Enterprise Application Services Business di PT Multipolar Technology Tbk, menjelaskan pentingnya pengelolaan data. Dalam seminar yang bertajuk “Revolutionizing Business Insights with Event Automation,” yang berlangsung di Grand Hyatt Jakarta, Kamis (19/9), Jip memberikan contoh bagaimana perusahaan e-commerce bisa memaksimalkan potensi penjualannya melalui rekomendasi hotel dan destinasi terkait saat pelanggan mencari tiket penerbangan. Hal serupa juga berlaku untuk penyedia streaming musik yang dapat memberikan rekomendasi lagu yang lebih sesuai dengan preferensi pengguna.

“Jadi, harus dipahami bahwa yang dimaksud event di sini adalah tindakan, aktivitas, atau kejadian yang dapat dideteksi dan direkam dalam sebuah sistem. Ini bisa berupa tindakan pengguna, perubahan data, atau kejadian eksternal yang berdampak pada sistem tersebut. Kita harus bisa memanfaatkan data yang dihasilkan dari event ini untuk membuat sistem lebih cerdas, responsif, efisien, dan itu membutuhkan solusi yang tepat,” jelas Jip Ivan. 

Solusi yang ditawarkan Multipolar Technology untuk menghadapi tantangan pengelolaan data dan event yang terus meningkat adalah IBM Event Automation. IBM Event Automation adalah solusi berbasis event-driven yang membantu perusahaan mendeteksi situasi secara real-time, mengambil tindakan, dan mengotomatisasi proses bisnis untuk meningkatkan pendapatan. 

Menurut Elen, Department Head Middleware Cloud Platform Multipolar Technology, solusi ini menggunakan teknologi open-source seperti Apache Kafka dan Apache Flink untuk memproses data secara real-time. 

Fitur utamanya termasuk antarmuka low-code untuk membangun alur pemrosesan, deteksi skenario bisnis penting, otomatisasi tindakan untuk meningkatkan efisiensi, integrasi dengan berbagai sumber event, dan akses mandiri yang aman bagi tim di seluruh perusahaan.

Solusi lain adalah IBM Event Streams. Solusi streaming data ini ada di dalam IBM Event Automation untuk mendukung aplikasi dengan pemrosesan data secara real-time. Dibangun di atas Apache Kafka, solusi ini dikelola sepenuhnya menggunakan teknologi container dan dapat diimplementasikan secara on-premise. 

Menurut Elen, IBM Event Streams memiliki antarmuka sederhana untuk pengelolaan kluster Kafka, fitur keamanan dan privasi data yang ketat, penskalaan otomatis, arsitektur multi-zona, dan pemulihan bencana, serta mendukung berbagai aplikasi dan sumber data eksternal. Pemanfaatannya membantu perusahaan membangun aplikasi responsif dan adaptif, meningkatkan pengalaman pengguna dan efisiensi operasional.

Solusi lain yang dipaparkan Multipolar Technology adalah IBM InfoSphere Data Replication yang dapat mendukung penyediaan data yang akurat dan cepat sehingga dapat membantu perusahaan dengan proses update dan replikasi data yang efisien. Fajar Try Putra, Solutions Specialist di Multipolar Technology, menjelaskan bahwa solusi ini memungkinkan perusahaan untuk hanya mengirim data yang diperlukan tanpa menghentikan proses bisnis yang sedang berjalan.

“Kombinasi solusi IBM Event Streams dan IBM InfoSphere Data Replication tentunya amat mendukung perusahaan agar makin kompetitif dan relevan di pasar. Untuk mengimplementasikan solusi-solusi itu, serahkan saja ke tim ahli Multipolar Technology,” pungkas Jip Ivan. 

Baca juga: Multipolar Technology Rekomendasikan 3 Solusi Fortinet untuk Keamanan WFA

Baca juga: Kisah Sukses Multipolar Technology Mengimplementasikan DWDM dan SOCC