Find Us On Social Media :

Kingston Luncurkan NV3 PCIe 4.0 NVMe SSD: Kecepatan yang Terjangkau

By Cakrawala Gintings, Senin, 30 September 2024 | 09:00 WIB

Kingston Luncurkan NV3 PCIe 4.0 NVMe SSD. Kingston NV3 PCIe 4.0 NVMe SSD diklaim menawarkan kecepatan dan keandalan dengan harga yang terjangkau.

Kingston Technology belum lama ini mengumumkan peluncuran SSD barunya, NV3 PCIe 4.0 NVMe SSD, di Jakarta. Disampaikan via rilis, Kingston menyebutkan NV3 PCIe 4.0 NVMe SSD ditujukan untuk memberikan kecepatan dan keandalan dengan harga yang terjangkau. Tak hanya itu, Kingston NV3 PCIe 4.0 NVMe SSD juga tersedia dalam sejumlah pilihan kapasitas. Kingston meyakini NV3 PCIe 4.0 NVMe SSD cocok untuk berbagai kreator konten maupun pemain gim.

“Kami sangat antusias untuk meningkatkan pengalaman pengguna dengan produk generasi terbaru, NV3,” kata Kingston. “Baik untuk meningkatkan pengalaman kerja dari rumah atau membangun PC gaming baru, NV3 dirancang untuk menawarkan kecepatan dan keandalan dengan harga yang terjangkau.”

Kingston NV3 PCIe 4.0 NVMe SSD hadir dengan form factor M.2 2280 serta antarmuka PCI Express 4.0 x4 dan NVMe. Adapun opsi kapasitas yang ditawarkan adalah 500 GB, 1 TB, 2 TB, dan 4 TB. Namun, Kingston NV3 PCIe 4.0 NVMe SSD dengan kapasitas 4 TB baru akan diluncurkan di dunia pada kuartal keempat tahun 2024. Perihal ketersediaan Kingston NV3 PCIe 4.0 NVMe SSD dengan kapasitas 500 GB, 1 TB, dan 2 TB sendiri di tanah air belum disebutkan. Begitu pula harganya.

Kingston mengeklaim NV3 PCIe 4.0 NVMe SSD menawarkan kecepatan pembacaan hingga 6.000 MB/s dan kecepatan penulisan hingga 5.000 MB/s. Seperti biasa, kapasitas yang lebih besar menawarkan kecepatan yang lebih tinggi. Berdasarkan lembar spesifikasi yang diberikan, Kingston NV3 PCIe 4.0 NVMe SSD varian 2 TB dan 4 TB yang bisa menawarkan keceapatan pembacaan dan penulisan sequential hingga 6.000 MB/s dan 5.000 MB/s. Lengkapnya bisa dilihat di Tabel 1.

Sementara daya tahan, tepatnya TBW (terabyte written), Kingston NV3 PCIe 4.0 NVMe SSD menawarkan hingga 1.280. Namun, nilai tersebut adalah untuk yang 4 TB. Bagi varian yang sudah diluncurkan, Kingston NV3 PCIe 4.0 NVMe SSD menawarkan TBW hingga 640, tentunya untuk yang 2 TB. Lengkapnya juga bisa dilihat pada Tabel 1.

Kingston menambahkan bahwa NV3 PCIe 4.0 NVMe SSD bisa membuat sistem bekerja lebih cepat dan lebih mampu menangani berbagai beban kerja, termasuk menyunting dan bermain gim. Selain itu, kapasitasnya yang hingga 4 TB bisa memberikan ruang yang memadai untuk aneka kebutuhan seperti aplikasi, foto, video, dan gim.

Kingston NV3 PCIe 4.0 NVMe SSD pun disebutkan akan menyertakan peranti lunak Acronis True Image for Kingston secara gratis selama 1 tahun dan Kingston SSD Manager. Acronis True Image bisa digunakan untuk melakukan backup, recovery, dan cloning terhadap SSD. Sementara Kingston SSD Manager, seperti namanya bisa dipakai untuk memantau kesehatan dan penggunaan, memperbarui firmware, dan menghapus data dengan aman dari SSD.

Tabel 1. Spesifikasi Kingston NV3 PCIe 4.0 NVMe SSD.