Find Us On Social Media :

Canva Hadirkan Elemen dan Template yang Terinspirasi Indonesia

By Adam Rizal, Senin, 30 September 2024 | 14:00 WIB

Ilustrasi Canva.

Bertepatan dengan peringatan Hari Batik Nasional, Canva— platform komunikasi visual super lengkap di dunia—memperkenalkan serangkaian elemen dan template desain baru yang terinspirasi oleh warisan budaya Indonesia yang kaya. Inisiatif ini sejalan dengan misi Canva yang mengajak dunia untuk mendesain dan semakin memperkuat komitmen Canva dalam menciptakan produk ‘Lokal Banget’ (Truly Local) bagi para penggemar desain yang jumlahnya terus berkembang di Indonesia.

Ruoshan Tao (Head of Marketing for Southeast Asia and Latin America, Canva) mengatakan Canva memperkaya rangkaian desain khas Indonesia di Canva, dengan adanya penambahan motif-motif batik yang indah ke dalam koleksi elemen tradisional khas Indonesia. Hal ini memperkuat dedikasi Canva dalam memberdayakan para pelaku kreatif untuk menganut dan mengekspresikan nuansa budaya melalui desain. 

"Komunitas kami di Indonesia sekarang dapat mengakses lebih banyak rangkaian elemen autentik dan template yang didesain secara profesional untuk menampilkan warisan budaya yang abadi dan menghidupkan ide kreatif mereka,” katanya. 

Template dan elemen 'Lokal Banget' khas Indonesia mulai diperkenalkan pada 2020. Tema yang dicakup antara lain adalah perayaan, budaya, makanan, pariwisata, olahraga, acara, dan lain-lain. Beberapa elemen paling populer dicari dari berbagai topik tersebut termasuk Nasi Goreng, Sate, Nasi Padang, Orangutan, Harimau Sumatra, Candi Borobudur, Jakarta, Bali, dan Taman Nasional Komodo. Pustaka Canva makin kaya dengan koleksi yang terinspirasi oleh kekayaan budaya Indonesia yang semarak ini dengan topik-topik seperti masyarakat lokal, seni, tempat bersejarah, motif batik, dan masih banyak lagi.

Sebagai salah satu pasar terbesar Canva, Indonesia terus berkembang pesat, dengan adanya kemitraan dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologimemberdayakan lebih dari 77 ribu guru melalui Canva untuk Pendidikan (Canva for Education) serta komunitas yang beranggotakan lebih dari 270 kreator yang amat produktif. 

Canva tersedia dalam lebih dari 100 bahasa, termasuk bahasa Jawa, Sunda, dan Bahasa Indonesia yang merupakan salah satu bahasa yang paling banyak digunakan saat membuat konten dan template lokal di Indonesia. 

Seiring dengan upaya Canva untuk membangun kemitraan di Indonesia secara lebih mendalam, untuk pertama kalinya, Canva juga akan hadir di Inacraft. Acara ini merupakan pameran kerajinan terbesar di Indonesia yang mengedepankan hasil kerajinan dan para pengrajin, berlangsung pada 2-6 Oktober 2024 di Jakarta Convention Center.

Baca Juga: Saingi Google, Meta Berambisi Bangun Infrastruktur AI Canggih