Find Us On Social Media :

Confluent Hadirkan Apache Flink, Bantu Developer Bikin Aplikasi Instan

By Adam Rizal, Selasa, 1 Oktober 2024 | 16:10 WIB

Confluent Indonesia

Confluent, Inc, pionir dalam data streaming, memperkenalkan kemampuan baru pada Confluent Cloud untuk membuat pemrosesan streaming dan data streaming menjadi lebih mudah diakses dan aman. Dukungan baru Confluent untuk Table API membuat Apache Flink tersedia untuk pengembang Java dan Python. Private Networking Confluent untuk Flink memberikan perlindungan tingkat perusahaan untuk kasus penggunaan dengan data sensitif. Confluent Extension untuk Visual Studio Code mempercepat pengembangan kasus penggunaan real-time; dan Enkripsi Client-Side Field Level mengenkripsi data sensitif untuk keamanan dan privasi yang lebih kuat.

“Kekuatan sebenarnya dari penggunaan Apache Flink untuk pemrosesan streaming memberdayakan para developer untuk membuat aplikasi yang secara instan menganalisis dan merespons data real-time, secara signifikan meningkatkan daya tanggap dan pengalaman pengguna,” kata Stewart Bond (Research Vice President di IDC). 

“Solusi Apache Flink yang terkelola dengan baik dapat menghilangkan kerumitan manajemen infrastruktur sekaligus menghemat waktu dan sumber daya. Bisnis harus mencari solusi Flink yang terintegrasi secara mulus dengan alat, bahasa pemrograman dan format data yang telah mereka gunakan untuk memudahkan implementasi ke dalam alur kerja bisnis," katanya.

Semakin banyak bisnis yang mengandalkan pemrosesan stream untuk membangun aplikasi dan pipeline real-time untuk berbagai kasus penggunaan yang mencakup machine learning, pemeliharaan prediktif, rekomendasi yang dipersonalisasi serta fraud detection. Pemrosesan stream memungkinkan organisasi memadukan dan memperkaya data mereka dengan informasi di seluruh bisnis mereka. 

Apache Flink adalah standar de facto untuk pemrosesan streaming. Namun, banyak tim yang menemui kendala dengan Flink karena secara operasional rumit, sulit untuk diamankan dan memiliki biaya infrastruktur dan manajemen yang mahal.

“Ribuan tim di seluruh dunia menggunakan Apache Flink sebagai solusi pemrosesan streaming tepercaya untuk memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa dan merampingkan operasional dengan mengalihkan pemrosesan lebih dekat ke sumbernya, di mana datanya masih baru dan bersih,” ujar Shaun Clowes +Chief Product Officer Confluent).

“Inovasi terbaru kami menawarkan fitur-fitur lebih jauh lagi, sehingga memudahkan para pengembang dari semua tingkat keahlian untuk memanfaatkan teknologi canggih ini untuk kasus-kasus penggunaan yang lebih kritis dan kompleks," ujarnya 

Fitur Table API 

Confluent Cloud untuk Apache Flink menawarkan SQL API, sebuah fitur yang kuat dan mudah digunakan untuk memproses aliran data. Meskipun Flink SQL efektif untuk menulis dan mengeksekusi query dengan cepat, beberapa tim lebih menyukai bahasa pemrograman seperti Java atau Python yang memungkinkan lebih banyak kontrol atas aplikasi dan data mereka. Hal ini dapat menjadi sangat penting ketika mengembangkan logika bisnis yang kompleks atau pengerjaan proses khusus.

Menambahkan dukungan untuk Table API ke Confluent Cloud untuk Apache Flink memungkinkan developer Java atau Python untuk dengan mudah membuat aplikasi streaming menggunakan alat bantu yang sudah dikenal. Dengan mendukung Flink SQL dan Table API, Confluent Cloud untuk Apache Flink memungkinkan developer memilih bahasa terbaik untuk kasus penggunaan mereka.

Dukungan untuk Tabel API memungkinkan perusahaan untuk:

“Kami menata ulang layanan keuangan dan sangat penting bagi kami untuk mengadopsi teknologi baru yang tidak hanya melindungi pelanggan kami, tetapi juga mudah digunakan oleh tim kami,” ujar Shujahat Bashir, Director of Software Engineering di Thrivent. 

“Data streaming dan pemrosesan aliran data dapat membantu deteksi penipuan secara real-time, dan pemrosesan pembayaran untuk pengalaman pelanggan yang luar biasa. Kami sangat menantikan untuk menggunakan fitur-fitur baru Apache Flink dari Confluent, termasuk Private Networking, Flexible Schema Management dan Tabel API untuk memperluas kekuatan Flink ke bahasa dan gaya pengembangan yang sudah kami gunakan saat ini," katanya.

Dukungan untuk Tabel API tersedia untuk ditinjau terlebih dahulu dan tersedia untuk tujuan pengujian dan eksperimen. 

Ketersediaan untuk umum akan segera hadir.

Confluent Extension 

Confluent Extension untuk Visual Studio Code merampingkan beban kerja dan mempercepat siklus pengembangan

Tim yang bekerja dengan platform data real-time seperti Apache Kafka open source sering kali kesulitan dengan alat bantu yang terfragmentasi, alur kerja yang canggung dan peralihan konstan antara lingkungan dan interface lainnya. 

Sistem yang terpisah-pisah ini menyulitkan untuk mengintegrasikan data real-time ke dalam aplikasi, sehingga memperlambat produktivitas dan inovasi. Lingkungan pengembangan terintegrasi dapat membuat proses ini menjadi lebih mudah dan 54% pengembang secara global menggunakan Visual Studio Code (VS Code), pilihan paling populer untuk pengeditan kode. 

Confluent Extension untuk Visual Studio Code menyederhanakan proses pengembangan dengan mengintegrasikan Confluent secara langsung ke dalam lingkungan pengembangan terintegrasi pilihan tim.

Confluent Extension untuk Visual Studio Code memungkinkan tim untuk:

Merampingkan topic management untuk membuat, mengedit, dan menelusuri topik Kafka dengan mudah dengan alat intuitif yang menyederhanakan debugging dan meningkatkan efisiensi. Kode dan debug di satu tempat dengan menulis, menjalankan, dan men-debug klien Kafka, kueri Flink, dan streaming aplikasi secara langsung di VS Code dengan fitur produktivitas yang disempurnakan seperti penyelesaian kode.

Mengelola sumber daya cloud dengan lancar untuk menyediakan dan mengontrol cluster Confluent Cloud dalam VS Code, mengurangi kompleksitas dan merampingkan operasi cloud. Confluent Extension untuk Visual Studio Code mendukung klien Kafka dan tersedia untuk akses lebih awal. Kemampuan Flink baru dan ketersediaan umum akan tersedia pada tahun 2024.

Baca Juga: Program OEM Baru Confluent ini Dorong Bisnis dengan Data Streaming