Find Us On Social Media :

I-XRAY, Kacamata AI ini Bisa Membaca Data Pribadi Hanya dari Wajah

By Adam Rizal, Selasa, 8 Oktober 2024 | 11:00 WIB

I-XRAY, Kacamata AI ini Bisa Membaca Data Pribadi Hanya dari Wajah

Dua mahasiswa dari Universitas Harvard, AnhPhu Nguyen dan Caine Ardayfio sukses menciptakan kacamata pintar berbasis artificiaI intelligence (AI) atau kecerdasan buatan bernama I-XRAY yang mampu mengidentifikasi identitas dan mengakses informasi pribadi seseorang hanya dengan melihat wajah mereka. 

Kacamata AI itu menggunakan teknologi pengenalan wajah yang bisa mengumpulkan data seperti nama, alamat, dan riwayat pekerjaan seseorang secara instan dan tanpa sepengetahuannya. 

Dilaporkan oleh Wion News, dalam sebuah video yang diunggah ke media sosial X, kedua mahasiswa ini mendemonstrasikan kemampuan I-XRAY. Kacamata tersebut mampu secara cepat mengenali orang di sekitar, lalu menampilkan informasi rinci, seperti alamat rumah dan nama anggota keluarga.

Perangkat itu memiliki kamera yang otomatis memindai wajah orang-orang di sekitar dan menganalisisnya dengan membandingkan data wajah tersebut dengan gambar-gambar publik di internet. Setelah proses itu, AI akan menampilkan data pribadi yang tersedia secara publik melalui aplikasi khusus.

Nguyen dan Ardayfio menggunakan teknologi yang sudah ada, seperti FastPeopleSearch, untuk mengakses informasi pribadi seperti alamat, nomor telepon, dan data keluarga hanya dengan menggunakan nama. Dalam dokumen yang menjelaskan teknologi dibalik I-XRAY, diungkapkan tujuan perangkat ini adalah untuk menunjukkan potensi teknologi saat ini, bukan untuk disalahgunakan. 

"Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan betapa mudahnya data pribadi seseorang bisa diakses hanya dari wajah mereka di tempat umum," katanya.

"Apakah kita siap untuk dunia di mana data kita terekspos hanya dalam sekejap?" tulis Nguyen dalam unggahannya.

Meskipun kacamata AI ini tidak akan dirilis untuk publik, video demonstrasi yang diunggah oleh Nguyen di platform X telah memicu diskusi serius tentang masalah privasi digital di era teknologi modern. Para ahli menekankan pentingnya peraturan yang lebih ketat untuk melindungi data pribadi di tengah kemajuan teknologi AI dan pengenalan wajah.

Baca Juga: CEO OpenAI Rekomendasikan 9 Buku Penting Tentang Teknologi di Era AI