Find Us On Social Media :

Zoomtopia 2024: Zoom Hadirkan Inovasi AI dalam Platform Kerja

By Adam Rizal, Kamis, 10 Oktober 2024 | 18:30 WIB

Ricky Kapur, Head of Asia Pacific, Zoom, at Zoomtopia APAC 2024

Zoom Video Communications, Inc baru saja menyelenggarakan Zoomtopia 2024 yang menampilkan beragam inovasi platform kerja yang mengedepankan kecerdasan buatan (AI) pada Zoom Workplace dan Zoom Business Services, dengan tujuan untuk mentransformasi produktivitas kerja tim, serta cara mereka berkomunikasi, berkolaborasi, dan berinteraksi dengan pelanggan.

Berbagai pengumuman invoasi terbaru di Zoomtopia 2024 juga mencakup Zoom AI Companion 2.0, yaitu sebuah add-on baru yang dapat digunakan untuk memodifikasi dan personalisasi fitur AI Companion; Zoom Tasks untuk membantu pengguna bekerja di Zoom Workplace; dan berbagai inovasi untuk meningkatkan kualitas pengalaman kerja dan pengalaman pelanggan yang didukung oleh kecanggihan AI.

“Di Zoom, kami tidak hanya menata ulang cara berkomunikasi saja tetapi juga turut merevolusi seluruh proses kerja. Kami memiliki visi untuk menciptakan platform kerja yang mengutamakan AI guna menciptakan hubungan antar manusia yang mendorong tim untuk mencapai lebih banyak hal,” ujar Pendiri dan CEO Zoom, Eric S. Yuan. 

“Dengan AI Companion yang mampu meningkatkan produktivitas, kami membantu para pelanggan kami dalam mentransformasi cara mereka bekerja. Hal ini lebih dari sekadar evolusi tetapi sebuah perombakan total tentang cara kita bekerja di era digital," katanya.

Ragam Inovasi AI Zoom

Zoom memiliki misi untuk menghadirkan platform komunikasi manusia yang mengedepankan AI. Zoom memiliki misi untuk menghadirkan platform yang mengutamakan AI untuk menghubungkan setiap orang. Pendekatan Zoom Workplace dan Zoom Business Services yang mengutamakan AI telah memberikan waktu lebih bagi individu dan tim untuk fokus pada pekerjaan yang lebih membutuhkan sentuhan manusia, yakni berinteraksi, saling terhubung, dan menghadirkan karya yang kreatif dan bermakna.

Pendekatan Zoom yang terpadu terhadap AI (federated approach) memungkinkan rangkaian teknologinya memanfaatkan beragam model AI untuk memberikan hasil yang berkualitas tinggi, bertanggung jawab, memberikan kontrol kepada para pelanggan Zoom, membantu para pengguna Zoom untuk berkolaborasi dengan lebih baik, optimalisasi waktu kerja, dan memprioritaskan tugas dengan lebih efektif. Selain itu, fitur Zoom AI Companion juga tersedia tanpa biaya tambahan untuk para pengguna yang telah berlangganan Zoom dan memenuhi syarat, sehingga mereka bisa memanfaatkan layanan AI dalam seluruh proses kerja mereka dan menyelesaikan lebih banyak pekerjaan. 

Zoom AI Companion 2.0

Zoom berdedikasi untuk terus meningkatkan kualitas AI Companion, sehingga para pelanggannya dapat menikmati perangkat AI yang paling mutakhir dan berkualitas tinggi, guna menghadirkan pengalaman penggunaan yang lebih lancar dan produktif. Kemampuan baru AI Companion 2.0 akan mencakup:

Persisten: Pengguna kini dapat menggunakan AI Companion melalui panel samping yang tersedia di seluruh Zoom Workplace, menghadirkan tampilan untuk pengguna (user interface - UI) yang mengutamakan AI yang mengintegrasikan grafik UI dan percakapan dengan lancar untuk memungkinkan aliran informasi yang lebih baik di seluruh Zoom Workplace.

Konteks yang diperluas: AI Companion memperoleh peningkatan pemahaman kontekstual berdasarkan apa yang dilihat pengguna di aplikasi Zoom Workplace dan pada riwayat percakapan untuk memberikan saran dan tanggapan cerdas yang dilengkapi dengan kutipan untuk membantu pengguna tetap fokus pada pekerjaan mereka.

Advanced synthesis: AI Companion dapat membantu pengguna meringkas materi dan percakapan dalam waktu singkat dengan mengumpulkan semua interaksi dari Zoom Workplace maupun (jika terhubung) informasi dari Microsoft Outlook, Gmail, Google Calendar, dan file yang diunggah dari Microsoft Office dan Google Docs untuk membantu pengguna meringkas materi dan percakapan dalam waktu singkat. 

Terhubung ke web: AI Companion dapat menjawab pertanyaan pengguna dengan mencari informasi dari web secara real time.

Menyelesaikan pekerjaan: AI Companion akan dapat mendeteksi, melacak, dan menyelesaikan berbagai tugas di Zoom Workplace. AI Companion 2.0 akan tersedia dalam beberapa minggu mendatang tanpa biaya tambahan untuk akun berbayar di Zoom Workplace.

Add-on khusus untuk AI Companion

Zoom menghadirkan add-on untuk AI Companion yang memungkinkan personalisasi AI Companion, sehingga mampu mengakses data ke beragam aplikasi selain layanan email dan kalender Microsoft dan Google, serta data perusahaan tambahan untuk memperluas pengetahuannya. 

Perluasan akses data ini memungkinkan pengguna untuk memodifikasi glosarium perusahaan, memberikan kemampuan pencarian yang lebih baik, serta mewakili pengguna dalam suatu tindakan. Personalisasi ini juga akan membantu meningkatkan kinerja AI Companion guna mendorong upaya pengembangan karyawan, seperti dengan menghadirkan pelatih yang disesuaikan dengan kebutuhan karyawan maupun dengan menghadirkan custom avatar clips untuk menghemat waktu dan sumber daya lewat. 

Beberapa komponen utama dari add-on baru ini meliputi:

Personalisasi pengalaman pengguna menggunakan AI Studio: 

Perusahaan dapat menyesuaikan pengalaman AI Companion dengan kebutuhan bisnis mereka melalui penyusunan kosakata khusus, rangkuman rapat, dan kumpulan informasi. Perusahaan dapat menghubungkan AI Companion ke sumber data perusahaan untuk meningkatkan akurasi respon fitur ini.

Menghubungkan aplikasi pihak ketiga: 

Pengguna dapat memperoleh informasi yang komprehensif dengan menghubungkan AI Companion dengan aplikasi pihak ketiga (sebagai sumber data) agar AI Companion bisa mendapat jawaban dan membantu mengatur tindakan pengguna di aplikasi tersebut. Beberapa aplikasi yang dapat dihubungkan termasuk Atlassian (Jira & Confluence), Glean, Workday, Zendesk, ServiceNow, Box, Asana, Hubspot, dan lainnya.

Personalisasi: 

Dengan add-on AI Companion ini, pengguna dapat menghadirkan pelatih pribadi untuk mengembangkan keterampilan mereka. Pengguna juga dapat menghemat waktu dan biaya produksi video dengan menggunakan avatar khusus untuk Zoom Clips. Avatar yang dibuat oleh AI ini dapat disesuaikan untuk membuat klip dengan skrip yang dibuat oleh pengguna, sehingga menghindari pengambilan klip yang berulang-ulang. Add-on AI Companion ini akan tersedia dengan harga $12 per pengguna per bulan dan akan diluncurkan pada paruh pertama tahun 2025. Kunjungi ruang berita Zoom untuk informasi lebih lanjut tentang inovasi AI terbaru Zoom.

Baca Juga: Kini Zoom Sanggup Tampung 1 Juta Peserta Webinar, Ini Biayanya