Find Us On Social Media :

Zoom Workplace Hadirkan Fitur AI Terbaru untuk Optimalkan Kinerja Tim

By Adam Rizal, Jumat, 11 Oktober 2024 | 09:00 WIB

Zoom Workplace

Dengan Zoom Workplace, karyawan dapat menyelesaikan lebih banyak pekerjaan, sehingga lebih mudah menjalani hari kerja. Zoom juga menghadirkan sejumlah inovasi AI baru seperti Zoom Tasks, yang akan menggunakan AI Companion untuk mendeteksi, merekomendasikan, dan menyelesaikan pekerjaan dengan mengambil informasi dari seluruh percakapan yang terjadi di Zoom Workplace; pengembangan berbasis AI pada Zoom Phone, yang meliputi kemampuan merangkuman panggilan Zoom Phone saat panggilan tersebut terjadi (real-time), serta pembuatan pesan suara Zoom Phone oleh AI Companion berdasarkan jejak suara pengguna, yang dapat disesuaikan dengan jadwal kegiatan pada kalender pengguna.

Berkolaborasi dengan lebih efektif

Pengguna Zoom Workplace akan bisa mengadakan rapat yang lebih produktif dan berkolaborasi secara lebih efektif dengan agenda rapat dari AI Companion dan kemampuan merangkum secara real-time, yang membantu pengguna memastikan topik paling penting sudah tercakup dan menjaga alur rapat sesuai dengan agenda. 

Pengguna juga bisa menggunakan kumpulan avatar buatan AI yang sudah dipilih dalam Zoom Clips untuk menghasilkan konten video profesional berdasarkan teks. Sementara Zoom Docs akan menghadirkan pengaturan izin dalam lingkup perusahaan untuk kontrol akses yang lebih baik, tampilan dan kolom Data Table untuk memudahkan kolaborasi proyek, otomasi API dan alur kerja, serta kemampuan AI Companion untuk membuat konten dari  template yang dirancang khusus untuk skenario penulisan dan sumber data tambahan. 

Pembaruan Zoom Workplace ini tersedia tanpa biaya tambahan untuk akun berbayar pada Zoom Workplace. 

Pengalaman pertemuan tatap muka

Untuk rapat tatap muka, Zoom AI Companion menyediakan layanan rangkuman rapat dan daftar tindakan melalui aplikasi Zoom Workplace di perangkat seluler. Untuk rapat di kantor, AI Companion juga tersedia pada Zoom Workspace Reservation untuk merekomendasikan hari di mana karyawan harus masuk ke kantor berdasarkan kehadiran rekan kerja mereka, dan merekomendasikan ruang kerja berdasarkan lokasi dan ukuran, sehingga memudahkan karyawan untuk koordinasi dan kolaborasi dengan rekan kerja di kantor.

Keterlibatan karyawan

AI Companion for Workvivo menjadi solusi berbasis AI untuk membantu karyawan saling terhubung. Solusi ini menjaga karyawan tetap memperoleh informasi, terlibat, dan terhubung dengan menghasilkan konten lebih cepat. Sementara Workvivo Employee Insights akan membantu mengukur keterlibatan, kebahagiaan, dan kinerja karyawan.

Pembaruan Zoom Business Services

Guna memberikan pengalaman pelanggan kelas dunia, Zoom menghadirkan penyempurnaan pada solusi self-service dan fitur pendukung untuk agen dan manajemen. Zoom Virtual Agent, chatbot self-service dari Zoom, kini dilengkapi fitur deteksi multi-intent untuk menangani masalah pelanggan yang lebih kompleks. 

Fitur ini dapat memproses beberapa masalah sekaligus dalam sekali interaksi dan otomatis memperbarui permintaan pelanggan berdasarkan informasi yang didapat dari tren atau pertanyaan umum. Zoom juga meluncurkan agen suara virtual (virtual voice agent) berbasis AI untuk menghadirkan kemampuan Zoom Virtual Agent ke dalam panggilan suara self-service.

Auto Quality Management terbaru memungkinkan para supervisor untuk mendapatkan informasi yang komprehensif tentang kinerja agen dengan otomatis menilai interaksi agen dengan para pelanggan.

AI Expert Assist yang baru akan mencakup panduan dinamis bagi para agen, di mana AI Expert Assist menganalisis konteks percakapan, memperhatikan langkah yang telah diambil agen, dan kemudian memandu mereka ke langkah berikutnya yang relevan.

Inovasi Terbaru bagi Industri

Sebagian pekerja memiliki kebutuhan khusus berdasarkan industri mereka. Zoom pun memiliki beragam solusi baru yang secara khusus ditujukan bagi industri tertentu dan telah disempurnakan dengan AI.

Bagi pekerja lapangan, Zoom Workplace for Frontline menghadirkan pengalaman kerja yang berbasis seluler untuk mendukung produktivitas, keterlibatan, dan kolaborasi karyawan. Solusi ini mencakup rangkuman shift kerja yang dibuat oleh AI Companion, komunikasi selama shift berlangsung, manajemen kerja, informasi penting, dan banyak lagi. 

Untuk layanan kesehatan, Zoom Workplace for Healthcare akan dilengkapi dengan AI Companion 2.0 untuk membantu karyawan menyelesaikan lebih banyak pekerjaan. Pasien juga akan dapat membeli add-on khusus dari AI Companion for Healthcare, di mana mereka akan lebih mudah melakukan personalisasi melalui kemampuan untuk menyusun kosakata medis dan akses ke sumber data pihak ketiga, seperti catatan medis elektronik.

Solusi Zoom Workplace for Clinicians yang baru diluncurkan akan membantu para dokter menghemat waktu dengan otomatisasi alur kerja medis. 

Bagian penting dari solusi ini adalah fitur catatan klinis, yang memanfaatkan AI khusus untuk layanan kesehatan untuk menghemat biaya dokumentasi, sekaligus memperlancar interaksi antara dokter dan pasien. 

Di bidang pendidikan, Zoom Workplace for Education akan dilengkapi dengan AI Companion 2.0, serta perangkat tambahan berupa perencanaan materi pembelajaran, rangkuman kelas, kritik dan saran yang dipersonalisasi, serta fitur-fitur yang dapat digunakan untuk membantu interaksi siswa di dalam kelas — seperti catatan yang dibuat langsung oleh AI Companion, Zoom Docs, dan masih banyak lagi. Add-on khusus dari AI Companion for Education akan memberikan akses tambahan ke sumber data pihak ketiga seperti sistem informasi siswa, Sistem Manajemen Pembelajaran, dan konten institusi terkait.

Baca Juga: Zoomtopia 2024: Zoom Hadirkan Inovasi AI dalam Platform Kerja