Find Us On Social Media :

ASUS TUF Gaming A16, Laptop Gaming AI Pertama dengan Layar 16-inci

By Dayu Akbar, Rabu, 16 Oktober 2024 | 06:00 WIB

ASUS TUF Gaming A16 (FA608)

ASUS resmi memperkenalkan TUF Gaming A16 (FA608) untuk pasar Indonesia. ASUS TUF Gaming A16 (FA608) adalah laptop gaming untuk mereka yang membutuhkan performa AI, mobilitas, dan durabilitasHadir dengan desain yang ringkas dan solid, menjadikannya pilihan ideal bagi pengguna yang membutuhkan laptop gaming AI dengan mobilitas tinggi. Memiliki dimensi 35.4 x 26.9 x 1.79 ~ 2.57 cm dan bobot 2.2 kg, laptop gaming AI ini tetap mudah dibawa saat bepergian.ASUS TUF Gaming A16 mengantongi sertifikasi ketahanan berstandar militer AS, MIL-STD-810H agar tahan dari guncangan dan benturan tak terduga dalam penggunaan sehari-hari, sehingga cocok untuk pengguna yang sering bepergian. Sesuai dengan namanya, ASUS TUF Gaming A16 (FA608) adalah laptop gaming AI dengan layar 16 inci, memiliki resolusi 2.5K (2560 x 1600), dan menawarkan rasio aspek 16:10 yang lebih luas untuk memberikan tampilan yang maksimal dalam berbagai aktivitas, baik gaming maupun multitasking. Ditambah refresh rate 165Hz dan response time 3ms, pengguna dapat menikmati pengalaman visual yang halus dan responsif. Dukungan teknologi G-Sync dan tingkat kecerahan hingga 400 nits menambah kenyamanan penggunaan, terutama dalam lingkungan dengan pencahayaan yang bervariasi. Reproduksi warna yang akurat dengan cakupan 100% sRGB membuat laptop ini juga cocok untuk aktivitas kreatif.

Ki-Ka: Jovani Shaloom, Public Relations ASUS Indonesia dan Muhammad Firman, Head of Public Relations ASUS Indonesia

Dari sisi konektivitas, laptop gaming AI ini dilengkapi berbagai port I/O seperti RJ45 LAN, dua USB 3.2 Gen 2 Type-A, serta dua port USB Type-C yang mendukung DisplayPort dan power delivery. Dukungan Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.3 juga memastikan koneksi nirkabel yang cepat dan stabil. Untuk performa, laptop ini ditenagai prosesor AMD Ryzen AI 9 HX 370 dengan 12 core dan 24 thread dengan kecepatan hingga 5.1GHz. Selain itu, dukungan AMD XDNA NPU yang memiliki kekuatan hingga 50TOPS semakin memperkuat kinerja berbasis AI, yang kini banyak digunakan di berbagai aplikasi modern. Untuk urusan grafis, dilengkapi dengan NVIDIA GeForce RTX 4060 yang memiliki TGP hingga 140W. Dengan 233 AI TOPs pada GPU-nya, laptop ini mampu menghadapi beban grafis yang berat dengan efisiensi tinggi. Penyimpanan menggunakan 1TB PCIe 4.0 NVMe M.2 SSD yang menghadirkan kecepatan baca dan tulis yang sangat tinggi, sementara memori LPDDR5X 7500 MHz sebesar 32GB memastikan laptop ini bisa menjalankan banyak aplikasi sekaligus tanpa hambatan.

TUF Gaming A16 (FA608)

Sistem pendinginnya didukung oleh teknologi mutakhir untuk menjaga performa tetap stabil. Dua kipas Arc Flow Fans generasi kedua yang terinspirasi dari desain mesin pesawat memastikan aliran udara yang lebih baik dengan kebisingan minimal. Selain itu, heatsink full-width dan ventilasi pembuangan yang dilengkapi filter debu berperan penting dalam menjaga suhu komponen internal tetap optimal. Berkat kombinasi teknologi ini, suhu permukaan laptop bisa mencapai hingga 7°C lebih dingin dibandingkan dengan laptop gaming sekelasnya. Dengan sistem pendingin yang andal, pengguna dapat menikmati performa puncak tanpa khawatir laptop mengalami overheating, bahkan selama sesi gaming panjang atau tugas berat lainnya.Selain itu, baterai 90WHrs berkapasitas besar memastikan daya tahan lebih lama saat digunakan tanpa harus sering mencari sumber listrik, sangat cocok untuk pengguna yang sering bepergian. ASUS TUF Gaming A16 (FA608) dibanderol dengan harga Rp29.999.000 dan memiliki 2 Tahun Garansi Global dan 1 Tahun ASUS Perfect Warranty.