Find Us On Social Media :

Munas APJATEL 2024 Bersinergi Membangun Indonesia Emas 2045

By Adam Rizal, Kamis, 24 Oktober 2024 | 18:00 WIB

Munas APJATEL 2024 Bersinergi Membangun Indonesia Emas 2045

Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (Apjatel) menggelar Musyawarah Nasional (MUNAS) III APJATEL 2024 bertempat di Royal Tulip Gunung Geulis Resort & Golf Bogor, Kamis, 25 Oktober 2024. Acara itu dihadiri oleh Jerry Mangasas Siregar selaku ketua Umum Apjatel, Sukirman selaku Ketua Tim Penanganan Ekosistem Telekomunikasi Kementerian Komunikasi dan Digital Republik Indonesia, Sudarmanto sebagai Plt Direktur SDA Bakti Kominfo, dan M. Arif Angga selaku Ketua Umum APJII.

Mengangkat tema “Kolaborasi dan Sinergi untuk Indonesia Emas”, MUNAS III APJATEL 2024 bertujuan untuk membangun semangat kebersamaan antar seluruh anggota dengan menciptakan kolaborasi untuk mendukung tercapainya Indonesia Emas 2045. Selain itu, kegiatan ini juga beragendakan salah satunya pemilihan Ketua Umum periode 2024-2027 dan laporan pertanggungjawaban oleh tim pengurus APJATEL Masa Bakti 2021-2024, dimana saat ini posisi Ketua Umum dijabat oleh Jerry Mangasas Siregar.

Nova Welda (Ketua Pelaksana MUNAS III APJATEL 2024) mengatakan pemilihan tema Munas tahun ini selaras dengan tujuan MUNAS III APJATEL 2024 yaitu membangun semangat kebersamaan antar seluruh anggota dengan menciptakan kolaborasi untuk mendukung tercapainya Indonesia Emas 2045.

"Indonesia Emas 2024 dapat terwujud dengan adanya dukungan, peran serta dan juga kolaborasi semua pihak termasuk Apjatel dan tentunya dukungan dari pemerintah," ucapnya.

Jerry Mangasas mengatakan visi Indonesia Emas 2045 bisa terwujud dengan adanya dukungan, peran serta, dan juga kolaborasi dari semua pihak, termasuk Apjatel. Dari segi teknologi digital, jaringan Internet yang memadai perlu terus digelar dan ini merupakan tantangan tersendiri. "Kami akan terus mendukung bekerjasama dan bersinergi dengan pemerintah dalam pembangunan jaringan hingga ke tingkat kabupaten serta kota kecil di Indonesia," ujarnya.

Untuk masa bakti 2024-2027, Jerry Mangasas Siregar kembali terpilih menjadi Ketua Umum Apjatel yang terpilih kembali melalui proses aklamasi. “Terima kasih atas kepercayaan yang kembali diberikan anggota Apjatel untuk bersama-sama membangun kolaborasi dan sinergi untuk turut mewujudkan Indonesia Emas 2045 melalui komitmen mendukung Transformasi Digital,” ujar Jerry.

MUNAS III APJATEL 2024 juga mengangkat Transformasi Digital sebagai salah satu kunci menuju Indonesia Emas 2045. Sesuai arahan pemerintah dalam program Transformasi Digital Nasional, percepatan peningkatan infrastruktur digital dan penyediaan Internet perlu menjadi fokus utama agar koneksi Internet dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas, dan Apjatel berkomitmen untuk terus mendukung pemerintah dalam upaya pencapaian Indonesia Emas 2024.

Apjatel saat ini memiliki 109 anggota dari berbagai penyelenggara telekomunikasi di Indonesia. Dalam data Apjatel penetrasi layanan fiber optik di Indonesia saat ini berjumlah kurang lebih 30 persen dengan total panjang kabel serat optik yang terbentang sepanjang 800.000 km. Dengan Terpilihnya Ketua Umum Apjatel untuk masa bakti 2024-2027, Apjatel menegaskan bahwa kolaborasi dan sinergi yang berkelanjutan akan terus menjadi agenda utama Apjatel. Kesuksesan Apjatel menjadi ketua panitia penyelenggaraan Hari Bhakti Postel Ke-79 menjadi bukti komitmen Apjatel dalam mendukung industri telekomunikasi di Indonesia. 

Kolaborasi dan sinergi yang harmonis antara Apjatel dengan PT Pos Indonesia dalam perayaan Hari Bhakti Postel Ke-79 akan terus dilanjutkan dengan kolaborasi Apjatel dengan Pemerintah, Asosiasi dan lembaga serta institusi terkait.

Baca Juga: APJATEL 2023 Perkuat Konektifitas Kedaulatan Transformasi Digital