Find Us On Social Media :

Snapdragon X Elite Lebih Cepat Dibanding Prosesor Intel dan AMD

By Adam Rizal, Minggu, 27 Oktober 2024 | 13:30 WIB

Snapdragon X Elite

Qualcomm mempresentasikan prosesor PC mobile Snapdragon X Elite yang diklaim lebih unggul dari pesaingnya Intel dan AMD.

Qualcomm menuduh Intel tidak memberikan informasi lengkap dalam pemasarannya, khususnya tentang kinerja prosesor.

Qualcomm mengungkapkan Snapdragon X Elite lebih cepat 10 persen dalam pengujian single-core menggunakan Geekbench dibandingkan Intel Core Ultra 7 Series 2 256V, dan membutuhkan daya 38 persen lebih rendah untuk performa yang sama.

Dalam pengujian multi-core, Qualcomm mengklaim unggul 52 persen. Sedangkan, chip Intel membutuhkan daya 113 persen lebih banyak untuk mencapai performa serupa.

Dibandingkan dengan prosesor terbaru AMD, Ryzen AI 9 MX370, Snapdragon X Elite memiliki performa Single Core 12 persen lebih tinggi dan menggunakan daya 43 persen lebih rendah.

Selain itu, laptop dengan Snapdragon X Elite diklaim mampu mempertahankan performa tanpa pengurangan saat tanpa pengisian daya, berbeda dengan Intel Core Ultra 7 Series 2 256V yang mengalami penurunan hingga 45 persen dan AMD Ryzen AI 9 MX370 yang turun hingga 30 persen.

Meskipun pengujian dilakukan pada perangkat yang berbeda—Snapdragon di Samsung Galaxy Book 4 Edge 16-inci dan Intel di Dell XPS 13—Qualcomm menekankan bahwa efisiensi daya tetap menjadi salah satu keunggulan utama mereka.

Qualcomm berharap dapat menggantikan dominasi Intel dan AMD di pasar laptop dan perangkat mobile dengan peningkatan kompatibilitas dan kinerja lebih lanjut.

Baca Juga: Oppo Resmi Rilis Find X8 dan Find X8 Pro dengan Banyak Fitur AI