Find Us On Social Media :

Perjalanan Epson Indonesia, 24 Tahun Sukses Dominasi Pasar Printer

By Adam Rizal, Minggu, 17 November 2024 | 10:30 WIB

Epson Indonesia Rayakan 24 Tahun, Inovasi Teknologi Cetak yang Menguasai Pasar

Epson Indonesia, merek teknologi ternama, terus berkomitmen untuk menghadirkan inovasi terbaik bagi masyarakat Indonesia. Selama 24 tahun beroperasi di tanah air, Epson telah menjadi bagian penting dari kebutuhan cetak masyarakat, baik untuk rumah tangga, perkantoran, maupun industri percetakan. 

M. Husni Nurdin (Head of Finance & Corporate Service Epson Indonesia) mengatakan perjalanan panjang Epson di Indonesia tidak hanya berfokus pada inovasi produk, tetapi juga berkontribusi pada perekonomian nasional.

“Epson Indonesia kini berusia 24 tahun. Selama itu pula kami menghadirkan inovasi dan kontribusi nyata, termasuk memperluas jaringan layanan di 114 kota di seluruh Indonesia,” ujar Husni dalam acara perayaan 24 tahun Epson Indonesia di Jakarta.

Selama lebih dari dua dekade, Epson Indonesia dikenal dengan produk-produknya yang presisi tinggi dan efisiensi energi. Dengan fasilitas produksi lokal, Epson menjadi satu-satunya produsen printer dan perangkat teknologi tinggi yang memiliki pabrik di Indonesia. 

“Keunggulan Epson terletak pada kemampuannya memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Beberapa produk kami bahkan mencapai TKDN hingga 63 persen, menjadikannya benar-benar sebagai produk Indonesia,” tambah Husni.

Data dari lembaga survei IDC juga menunjukkan dominasi Epson di pasar printer rumah dan kantor. Pada kuartal IV 2023, Epson memimpin pasar dengan pangsa 64,3 persen, jauh di atas para pesaing seperti Canon (17,2 persen), HP (11,0 persen), Brother (6,4 persen), dan Fujifilm (0,5 persen). 

Meskipun optimistis, Epson mengakui bahwa tantangan pasar akan semakin besar pada 2024 dan 2025. Epson telah mempersiapkan strategi melalui diversifikasi bisnis, termasuk pengembangan mesin fotokopi injeksi, printer garmen, dan robotik.

“Lima tahun terakhir, kami berfokus pada pengembangan bisnis ke sektor business-to-business (B2B). Langkah ini menjadi strategi utama kami untuk bertahan dan berkembang di tengah ketidakpastian pasar,” pungkas Husni.

Dengan komitmen terhadap inovasi dan kontribusi pada ekonomi lokal, Epson Indonesia terus berupaya memberikan solusi terbaik bagi pelanggannya, serta memperkuat posisinya sebagai pemimpin pasar printer di Indonesia.

Baca Juga: IBM Luncurkan Granite 3.0, Penuhi Kebutuhan AI Perusahaan Modern