Memanfaatkan gerbang kasir self-checkout dan gerbang keluar berbasis RFID, toko buku terbesar di Indonesia dapat mempercepat waktu inventory hingga 50 persen. Ini manfaat lainnya.
Sebagai pemilik toko buku terbesar di Indonesia, PT Gramedia Asri Media (Gramedia) terus mengeksplorasi cara-cara inovatif untuk meningkatkan operasional dan layanan pelanggannya. Sebagai informasi, saat ini Gramedia memiliki lebih dari 100 toko yang tersebar di berbagai daerah.
Gramedia memanfaatkan solusi ritel berbasis RFID dari Zebra di toko-tokonya. Dengan solusi tersebut, para pelanggan bisa melakukan transaksi mandiri (self-checkout) dan meminimalisir terjadinya kehilangan barang di inventory (shrinkage).
Solusi ritel berbasis RFID dari Zebra disebutkan telah membantu Gramedia memperbaiki waktu pengecekan inventory menjadi 50% lebih cepat dari sebelumnya dan membuat proses transaksi mandiri menjadi 60% lebih cepat dibandingkan transaksi secara manual di kasir.
Dengan peningkatan kecepatan ini, Gramedia dapat mengalihkan 75% jam kerja staf dari tugas-tugas yang sifatnya basic ke aktivitas yang bisa memberikan nilai kepada pelanggan. Akurasi stoknya juga meningkat sebesar 50% dan meminimalisir kesalahan manusia.
“Solusi RFID Zebra telah meningkatkan pengalaman berbelanja secara keseluruhan karena membuat transaksi mandiri menjadi lebih cepat, mengurangi kesalahan manusia, dan meminimalisir kerugian dengan adanya gerbang keluar toko berbasis RFID,” kata Agus Yulianto, IT Manager, Gramedia.
Menurut Agus, perusahaan yakin, dengan terus memanfaatkan solusi Zebra, efisiensi operasional dalam hal pencatatan stok akan meningkat secara signifikan.
FX7500 fixed RFID reader dan AN610 low-profile RFID antenna dari Zebra digunakan sebagai bagian dari solusi transaksi mandiri di Gramedia, sementara FX9600 fixed RFID reader, AN480 dan AN440 wide-band RFID antennas adalah inovasi di balik gerbang keluar toko berbasis RFID.
Gramedia bekerja sama erat dengan Zebra PartnerConnect Premier Solution Partner, PT Duta Kalingga Pratama (DKP) untuk pengimplementasian dan penerapan solusi tersebut. Memahami tantangan bisnis Gramedia, DKP bekerja sama dengan Zebra untuk merancang solusi yang menghemat biaya, meningkatkan efisiensi, dan memperbaiki penggunaan sumber daya.
“Sektor retail Indonesia tengah berkembang dengan pesat, sehingga memberi kontribusi lebih dari 10% terhadap PDB Indonesia, dan nilai penjualan di pasar retail Indonesia diperkirakan akan mencapai sekitar US$ 243miliar hingga 2026,” papar Eric Ananda, Indonesia Country Lead, Zebra Technologies. “Dengan demikian, retailer yang progresif sudah berinvestasi dalam teknologi mutakhir untuk mendapatkan profitabilitas yang lebih besar dan meningkatkan pengalaman pebelanja, yang pada akhirnya membuahkan loyalitas pelanggan yang lebih besar,” pungkasnya.
Baca juga: Strategi Zebra Mendorong Transformasi Digital Industri Manufaktur