SIRCLO beberapa hari lalu di Tangerang mengumumkan ekspansi pusat live streaming terbarunya di kawasan BSD City, Tangerang. Kini pusat live streaming SIRCLO menjadi tiga kali lebih besar dari sebelumnya. Langkah strategis yang dilakukan mencerminkan keyakinan perusahaan omnichannel commerce enabler ini terhadap potensi kanal live commerce, ditandai oleh peningkatan penjualan dan minat konsumen yang terus bertumbuh untuk berbelanja ketika live streaming berlangsung.
SIRCLO menyebutkan bahwa menurut survei GoodStats, 48,7% konsumen berbelanja beberapa kali dalam sebulan melalui live streaming, bahkan 22,7% melakukannya beberapa kali dalam seminggu. Laporan e-Conomy SEA 2024 yang disusun oleh Google, Temasek, dan Bain & Company pun menyatakan ekonomi digital Indonesia bertumbuh dan tahun ini akan mencapai GMV (gross merchandise value) yang meningkat sekitar 13% dari tahun lalu. Sektor penyumbang terbesar adalah e-commerce yang mencakup live commerce.
SIRCLO menjawab potensi live Commerce yang dimaksud dengan membuka pusat live streaming kedua di BSD City, Tangerang. SIRCLO mengeklaim fasilitas bersangkutan dirancang dengan berbagai pilihan ukuran studio, teknologi interaktif dan terkini, serta dukungan dari para host yang kompeten. Adapun solusi yang ditawarkan disebut SIRCLO StreamLab yang dijelaskan sebagai solusi live streaming yang terintegrasi dengan berbagai kanal e-commerce.
“Selama Semester Pertama 2024, kami mencatat peningkatan jumlah pesanan yang konsisten dari bulan ke bulan sebesar 8% melalui kanal live commerce. Kanal ini memiliki potensi pertumbuhan yang signifikan sehingga perlu didukung dengan fasilitas dan tenaga ahli yang unggul. Pusat live streaming SIRCLO StreamLab didirikan untuk memperluas penetrasi merek di kanal live commerce secara lebih strategis, sekaligus menjangkau konsumen baru dengan lebih optimal,” sebut Danang Cahyono (Chief Operating Officer SIRCLO).
Khusus host, meskipun AI (artificial intelligence) mulai diterapkan dalam ranah live streaming untuk meningkatkan efisiensi dan pengalaman pengguna, SIRCLO percaya sentuhan personal tetap menjadi elemen penting dalam membangun engagement dengan audiens. Keseluruhan, kapabilitas fasilitas SIRCLO StreamLab diklaim memungkinkan para merek membangun persona terpersonalisasi, membangun koneksi kuat dengan konsumen, terintegrasi dengan layanan berbasis data, sehingga mampu meningkatkan penjualan.
“Kami meningkatkan jumlah studio live streaming hingga tiga kali lipat dan memperkuat kapasitas operasional dengan membina lebih dari 130 hosts, sehingga memungkinkan peningkatan durasi live streaming hingga 14 kali lipat untuk mengakomodasi kebutuhan klien. Kami percaya, inisiatif yang diambil dapat berkontribusi secara signifikan terhadap pertumbuhan penjualan bagi para brand,” jelas Danang.
Salah satu yang telah memanfaatkan SIRCLO StreamLab untuk live commerce adalah Philips Personal Health. Philips Personal Health menyebutkan SIRCLO StreamLab telah membantunya mencatat rata-rata pertumbuhan GMV bulanan sebesar dua digit di platform e-commerce.
“Kami memfokuskan live commerce pada dua tujuan utama, yaitu eksplorasi pasar dan konversi penjualan. Sejak lebih dari setahun lalu, kami bekerjasama dengan SIRCLO StreamLab untuk merancang strategi dan menjalankan live commerce. Melalui proses perbaikan berkelanjutan berdasarkan data — seperti pengoptimalan tampilan live streaming, penggunaan voucher, hingga peningkatan interaksi antara hosts dan audiens — Philips kini mencatat rata-rata pertumbuhan GMV bulanan sebesar dua digit di platform e-commerce,” tutup Dion Purna Satwika Amudra (Country Consumer Marketing Manager, Philips Personal Health).