Sebagai destinasi terdepan untuk video mobile berdurasi singkat, TikTok mengumumkan kembalinya ajang penghargaan TikTok Awards Indonesia 2024 pada Senin (2/12) lalu. Mengusung tema "The Icons of Tomorrow, Today", ajang penghargaan keempat dari TikTok ini akan merayakan lebih dari 80 kreator masa kini (today) dalam perjalanannya menjadi seorang sosok (icon) yang menginspirasi dan memberikan kontribusi positif di masa depan (tomorrow). Untuk mengungkap proses kreatif sekaligus mengulik kisah inspiratif di balik konten-konten populer berkualitas tinggi di TikTok, TikTok menggelar sesi bincang-bincang pada Rabu (11/12) bersama tiga kreator perempuan inspiratif sekaligus nomine pada TikTok Awards Indonesia 2024. Serly Asnim (@onebitebigbite)Kreator Kuliner TikTok dan Nomine "Food Creator of The Year" TikTok Awards Indonesia 2024
Serly Asnim (@onebitebigbite)
-Bagaimana awal mula bisa aktif di TikTok?Aku mulai aktif di TikTok sejak 2022, awalnya purely karena passionate tentang makanan dan memang suka mencoba makanan-makanan baru.-Mulai dari Crookie (kombinasi croissant dan cookies), milk bun, sampai twist unik dari mango sticky rice, ada aja gebrakannya! Gimana sih proses kreatif di balik kolaborasi kreator dan brand F&B? Kolaborasi bersama industri F&B itu berangkat karena tingginya demand dari sebuah produk. Misalnya milk bun dari Thailand yang banyak orang serbu, bahkan rela jastip (jada titipan) dengan harga yang sangat tinggi. Melihat ini, aku kepikiran untuk berkolaborasi dengan brand lokal dan menyesuaikan rasanya dengan lidah orang Indonesia.-Dari banyaknya kreator food di TikTok, bagaimana kamu membuat konten kamu stand out dan menemukan niche audience kamu?Menurut aku semua orang bisa review makanan, tapi cara aku mengemasnya memang lebih out of the box, tidak terduga, dar der dor, ceplak-ceplok, dan sebagainya. Selain itu, konten aku visually appealing dan voice over aku juga lebih hidup, lebih banyak iramanya. [Konten aku] tidak hanya informatif tetapi juga inspiratif, dan semoga bisa bikin berkat bagi orang yang nonton karena aku bikinnya dari hati.-Sampai titik ini, apa perubahan signifikan yang kalian rasakan dalam hidup setelah aktif sebagai kreator TikTok?Dampak signifikan buat aku adalah komunitas yang suportif dan inspiratif. TikTok tidak hanya membuat aku tumbuh secara personal, tapi juga secara profesional, sehingga aku berkesempatan untuk kolaborasi dengan brand, chef, restoran, dan content creator lain, sampai sekarang aku bisa menjadi salah satu nominasi. Semua ini menunjukkan kalau TikTok itu life changing dan ada kepuasaan pribadi ketika konten aku bisa berdampak positif terhadap restoran ataupun UMKM.-Gimana sih perasaannya pas pertama kali tahu kalau kalian masuk nominasi?Very blessed, honored, and humbled. Jujur, aku semakin terinspirasi untuk bikin konten out of the box dan merasa sangat terapresiasi dari berbagai konten yang aku buat selama ini.-Apa yang membuat kamu nyaman berkarya di TikTok?Komunitas yang positif membuat aku nyaman berkarya di TikTok. They don't really judge me, they accept who I am, they accept my craziness, jadi aku bisa lebih bebas berkarya. Christie Basil (@christiebasil)Kreator Fesyen TikTok dan Nomine "Creator of The Year" TikTok Awards Indonesia 2024
Christie Basil (@christiebasil)
-Christie, apa yang mendorong kamu menceritakan behind the scene dari proses pembuatan gaun-gaun kamu? Aku aktif membuat konten karena mendapatkan banyak cerita dari customer yang menarik, misalnya dari pernikahan beda agama dan beda budaya. Ada yang mengombinasikan hijab dengan cheongsam. Cerita-cerita ini ternyata bisa menginspirasi orang lain. Melalui konten yang aku buat, banyak peluang yang terbuka, seperti kesempatan kolaborasi dengan berbagai brand, universitas, memecahkan rekor MURI hingga mendapatkan penghargaan. Aku mau share juga salah satu cerita dari bride aku yang menemukan jodoh di usia 45 tahun. Ternyata, cerita ini memberikan harapan bagi para audiens yang mungkin belum menemukan pasangan hidup. Dari emosi-emosi dalam cerita ini, banyak pesan yang bisa aku bagikan bagi penonton bahwa they are not alone.Dulu, jika unique selling point itu adalah produk, sekarang menurut aku unique selling point-nya adalah cerita. Cerita dibalik sebuah produk dan nilai emosional juga menjadi nilai sebuah produk. Baju menjadi mempunyai nyawa dengan cerita yang ada di baliknya.-Christie tahun 2022 lalu berhasil memecahkan rekor MURI untuk "Peragaan Busana oleh Konten Kreator Terbanyak" dan tahun ini menjadi delegasi Indonesia untuk mewakili TikTok dalam Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) Forum 2024 di Peru. Boleh diceritakan keseruan di balik kedua momen tersebut? Momentum memecahkan rekor MURI bareng TikTok adalah saat HUT Indonesia yang ke-77. Aku mengajak para content creators untuk bergabung sebagai model fashion show. Sebanyak 77 orang menggunakan brand aku, ATVEZZO, yand dipadu dengan warna khas TikTok, yaitu hitam, putih, pink dan cyan. Selanjutnya, aku pun tidak menyangka bisa berpartisipasi dalam APEC Forum di Peru. Masih tidak percaya karena panel-panel yang terlibat di dalamnya adalah orang-orang penting seperti presiden, political figures, hingga CEO TikTok. Aku bersyukur banget, bersama 2 kreator lainnya, bisa berkesempatan membagikan cerita tentang peran kita sebagai kreator, yang ternyata bisa membawa dampak terhadap UMKM di Indonesia.-Sampai titik ini, apa perubahan signifikan yang kamu rasakan dalam hidup setelah aktif sebagai kreator TikTok?Awalnya aku hanya fokus untuk bisnis dan iklannya. Saat masa pandemi, aku mulai mengeksplor TikTok sebagai platform baru dan mulai membuat konten di sana. Awalnya, client aku di area Jakarta hanya sedikit. Setelah aku aktif di TikTok, client aku sekarang sudah sampai skala internasional, mulai dari US, Australia, Rusia, China, sampai Hong Kong. Bahkan, aku bisa menjadi perwakilan untuk APEC Forum di Peru kemarin, memecahkan rekor MURI bersama TikTok, dan berkesempatan kolaborasi dengan berbagai brand hingga universitas. Hal ini menujukkan bagaimana banyaknya peluang yang terbuka. Bagi aku, TikTok mengubah [hidupku] banget, tetapi secara organik. Siapa yang kreatif, dia yang menang.-Gimana sih perasaannya pas pertama kali tahu kalau kalian masuk nominasi?Surprised banget! Apalagi konten aku kan sebenarnya mengarah kepada fashion. Jadi, aku kaget mendapatkan nominasi Creator of The Year, aku merasa sangat diapresiasi. Thank you, TikTok.-Apa yang membuat kamu nyaman berkarya di TikTok?Aku merasa komunitasnya creator-friendly, kita saling support, saling kolaborasi dan apresiatif juga. Tirannisya (@tiranissya)Kreator Edukasi TikTok dan Nomine "Education Creator of The Year" TikTok Awards Indonesia 2024
Tirannisya (@tiranissya)
-Bagaimana awal mula bisa aktif di TikTok?Jadi DIY home decor creator dimulai sejak pandemi (2020) saat kita semua stay at home. Awalnya, aku iseng membuat konten make over rumah dan kamar aku di TikTok. Ternyata banyak yang suka, hingga akhirnya mendorong aku untuk meneruskan menjadi seorang content creator. -Tira, biasanya dapat inspirasi untuk bikin konten-konten DIY dari mana sih?Untuk konten make over rumah, idenya berangkat dari hobi aku yang memang suka membuat sesuatu dan suka menonton tutorial step-by-step-nya untuk home decor.-Tahun ini sepertinya ada dua proyek DIY besar nih, ada makeover rumah dan campaign #NungguBedugBikinKarya di bulan Ramadan kemarin. Boleh diceritain apa alasan di balik kedua proyek ini?Inspirasi konten home decor idenya berangkat dari kebutuhan aku. Aku lebih baik membuat dari barang-barang yang sudah aku punya daripada membeli. Aku juga banyak mencari referensi. Misalnya, aku pernah membuat meja yang bisa jadi dispenser. Nah, ide itu muncul karena aku memang membutuhkannya, jadi aku berusaha gimana caranya supaya kebutuhan itu bisa terwujud.Aku juga mempunyai segmen konten #NungguBedugBikinKarya dari tahun 2023. Awalnya aku buat segmen ini karena aku merasa momentum ngabuburit, menunggu waktu buka puasa, biasanya kan membosankan. Jadi, aku berpikir gimana caranya bisa mengisi waktu tersebut dengan hal positif. Akhirnya aku membuat segmen konten ini. Alhamdullilah, sekarang sudah 2 tahun aku konsisten membuatnya dan insyaallah tahun depan ada lagi.-Sampai titik ini, apa perubahan signifikan yang dirasakan dalam hidup setelah aktif sebagai kreator TikTok?Kalau ada istilah "TikTok changed my life," itu benar-benar terjadi sama aku karena kebetulan pandemi berdampak sekali terhadap mental aku. Berdasarkan personality test, aku adalah seorang extrovert, tetapi fase pandemi membuat aku terkurung, hingga membuat aku tidak mau juga bertemu orang-orang dengan mengurung diri. Sampai akhirnya aku menjadi content creator di tahun 2020-2022, di mana aku sebenarnya tidak pernah memunculkan diri aku di konten. Setelah itu, ketika aku sudah mulai kembali percaya diri, aku mulai berproses untuk menujukkan diri di dalam konten. Makanya, sekarang ketika aku mendapatkan nominasi, aku benar-benar tidak menyangka.-Gimana sih perasaannya pas pertama kali tahu kalau masuk nominasi?Pertama kali aku diinformasikan menjadi salah satu nominasi, aku menangis dan tidak menyangka sama sekali.-Apa yang membuat nyaman berkarya di TikTok?Aku merasa komunitas di TikTok sangat positif, apalagi sesama kreator, kita bisa grow up bareng. Kita, sesama kreator, support each other. Aku happy banget ada di komunitas kreator TikTok!