PT XL Axiata Tbk (XL Axiata), menjalin kemitraan dengan Esri Indonesia untuk memanfaatkan teknologi geospasial mutakhir. Kolaborasi ini mendukung perjalanan transformasi digital XL Axiata, memungkinkan perusahaan untuk mengoptimalkan ekspansi jaringan, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan menyelaraskan efisiensi operasional melalui analitik berbasis lokasi yang akurat.
Dengan teknologi GIS (Geographic Information System) XL Axiata dapat menganalisis dan memvisualisasikan data penting untuk mendukung proses pengambilan keputusan. Teknologi ini memungkinkan XL Axiata untuk memetakan permintaan pelanggan, kepadatan populasi, serta cakupan jaringan yang ada.
Dengan demikian, perusahaan dapat mengidentifikasi wilayah yang belum terlayani, mengoptimalkan investasi infrastruktur,dan menyediakan konektivitas yang lebih baik kepada masyarakat di seluruh Indonesia.
“Kami berkomitmen untuk menyediakan konektivitas dan layanan yang luar biasa bagi pelanggan kami,” ujar Muhammad Sufyan Masood, Group Head Applied Analytics and AI XL Axiata.
“Kami mengadopsi teknologi Geospasial yang membantu kami mengidentifikasi peluang baru, meningkatkan strategi operasional, dan memperluas jangkauan layanan kami untuk melayani lebih banyak masyarakat di seluruh nusantara," ucapnya.
Inovasi ini memungkinkan XL Axiata memperluas jaringan secara strategis dengan fokus pada wilayah yang paling membutuhkan konektivitas. Dengan mengintegrasikan data GIS dengan wawasan operasional, XL Axiata juga dapat meningkatkan layanan pelanggan dengan secara proaktif menangani kesenjangan cakupan jaringan dan mengoptimalkan alokasi sumber daya.
“Teknologi geospasial dan kecerdasan lokasi terus mengubah cara kerja perusahaan telekomunikasi, mendorong pengambilan keputusan berbasis data yang meningkatkan efisiensi, kepuasan pelanggan, dan pengembalian investasi” ujar Leslie Wong, Presiden Direktur Esri Indonesia & Managing Director Esri South Asia.
“Penerapan solusi kreatif GIS oleh XL Axiata sangat menarik dan mengesankan, memungkinkan mereka untuk meningkatkan nilai pemegang saham sekaligus mencapai misi mereka dalam memberikan konektivitas dan layanan yang unggul, menghubungkan orang-orang bahkan hingga ke daerah-daerah terpencil di Indonesia” tambahnya saat acara GeoInnovation Indonesia 2024.
Adapun manfaat pengembangan teknologi Geospasial tahun 2024 ini, XL Axiata dapat mengoptimalkan pengambilan keputusan terkait prioritas investasi pada klaster-klaster potensial. Selain itu, perusahaan dapat memperkuat kepemimpinan layanan konvergensi XL Axiata di antara para kompetitor.
Proses perencanaan CAPEX untuk ekspansi ke klaster atau area baru juga menjadi lebih akurat. Analisis dan pelacakan KPI untuk tim penjualan XL Axiata dapat dilakukan lebih tepat waktu. Tim penjualan teritorial XL Axiata dapat dengan cepat menentukan strategi penjualan untuk memprioritaskan klaster guna meningkatkan Home-connect dan ARPU. Terakhir, teknologi Geospasial ini memberikan visibilitas yang lebih baik untuk meningkatkan tingkat penetrasi.
XL Axiata dianugerahi penghargaan GeoInnovation Award 2024 oleh Esri Indonesia. Penghargaan ini mengapresiasi inovasi XL Axiata dalam memanfaatkan teknologi geospasial dalam operasionalnya. Selain XL Axiata, penghargaan ini juga diberikan kepada PT Vale Indonesia atas kontribusinya dalam aspek keberlanjutan di sektor pertambangan, Bank BRI atas penerapan solusi geospasial untuk mendukung inklusi keuangan, OIKN untuk optimasi Smart CIty, serta Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY atas inovasinya dalam tata ruang. Penghargaan ini menunjukkan kekuatan inovasi geospasial dalam menghadirkan solusi strategis untuk menghadapi tantangan pembangunan di berbagai sektor.
Baca Juga: Optimalkan Pemanfaatan AI, Pemerintah Siapkan Regulasi Lebih Solid