Find Us On Social Media :

Wow! Transaksi Seller yang LIVE di TikTok Bisa Naik 30 Kali Lipat

By Rafki Fachrizal, Kamis, 16 Januari 2025 | 09:40 WIB

Acara "ShopTokopedia & Tokopedia Summit" yang berlangsung di Ritz-Carlton Jakarta, Rabu (15/01/2025).

Platform Tokopedia dan ShopTokopedia terus mengajak sebanyak-banyaknya pelaku usaha, khususnya UMKM, untuk memanfaatkan fitur LIVE atau live streaming di TikTok untuk meningkatkan transaksi perdagangan daring sekaligus perekonomian di Indonesia.

Apalagi diketahui, transaksi penjual (seller) yang berpromosi melalui live streaming di TikTok juga telah mengalami kenaikan signifikan, yaitu rata-rata 30 kali lipat.

“Kita berada di era discovery e-commerce di mana konten promosi berupa video, baik short video maupun live streaming, bisa memberikan pengalaman yang lebih menarik dan akhirnya mempengaruhi keputusan seseorang dalam membeli. Demi membantu pelaku usaha di Indonesia khususnya UMKM memajukan dan mengembangkan bisnis serta mencapai lebih di era ini, kami mendorong penjual untuk memanfaatkan short video hingga live streaming dalam hal promosi, melalui inisiatif seperti ShopTokopedia & Tokopedia Summit,” jelas Presiden Direktur Tokopedia dan TikTok E-commerce, Melissa Siska Juminto, dalam acara ShopTokopedia & Tokopedia Summit di Ritz-Carlton Jakarta, Rabu (15/01/2025).

ShopTokopedia & Tokopedia Summit sendiri merupakan acara yang menghadirkan sederet pakar dan ruang diskusi bagi sesama pelaku industri e-commerce dengan tujuan memberdayakan penjual dan kreator, membina komunitas yang kolaboratif, dan menampilkan kisah inspiratif untuk memotivasi pertumbuhan bisnis di Indonesia.

Melissa Siska Juminto, Presiden Direktur Tokopedia dan TikTok E-commerce.

“ShopTokopedia & Tokopedia Summit menandai sinergi kami yang makin kuat terutama dalam memberdayakan pelaku usaha dan kreator untuk memajukan perekonomian tanah air. Berkat sinergi yang makin kuat, layanan kami sudah bisa dijangkau oleh lebih dari 200 juta pengguna yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia,” papar Melissa.

Artinya, jutaan penjual di platform kami punya potensi yang sangat besar untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan lewat jangkauan pengguna kami,” tambahnya.

Sebuah riset bahkan menunjukkan, sinergi Tokopedia dan ShopTokopedia secara keseluruhan berhasil meningkatkan pendapatan UMKM sebesar 95%.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan RI, Iqbal Shoffan Shofwan, M.Si. mengatakan, "Pelaku usaha adalah motor penggerak ekonomi. Integrasi yang kuat antar berbagai pihak sangat dibutuhkan untuk membawa pelaku usaha kita naik kelas.

“Jadi, kami sangat mengapresiasi penyelenggaraan ShopTokopedia & Tokopedia Summit, yang memberikan pemahaman komprehensif bagi pelaku usaha termasuk pelaku usaha dan juga kreator, untuk makin relevan dengan perkembangan era digital yang begitu pesat, lewat ruang diskusi, pemaparan para pakar, serta kelas bisnis online dengan materi yang sangat beragam. Upaya ini diharapkan bisa makin memperkaya keterampilan pelaku usaha, mempercepat laju pertumbuhan usaha, dan mewujudkan ekonomi nasional yang kuat, inklusif, dan berkelanjutan,” sambungnya.

Baca Juga: Manfaatkan Tokopedia, Nifty Twice Cuan Hingga Ratusan Juta Tiap Bulan

Baca Juga: Lima Tips dan Trik Live Shopping agar Jualan Online Laris Manis