Setelah beberapa tahun meninggalkan pasar smartphone Indonesia, Motorola Mobility minggu lalu di Jakarta resmi kembali dengan meluncurkan moto g45 5G. Dengan pendekatan “local for local” yang diusungnya, Motorola percaya moto g45 5G bisa menjawab kebutuhan/keinginan segmen masyarakat Indonesia tertentu perihal smartphone dus bersaing di ceruk pasar yang dimaksud. Motorola pun yakin masa depan pasar smartphone Indonesia adalah cerah dan akan menghadirkan berbagai produk smartphone lainnya.
“Motorola comeback to Indonesia dengan spirit local for local, jadi kita produksi semuanya dari local untuk masyarakat local dan juga untuk membawa perubahan untuk local community kita. Kita akan bawa handphone pertama kita, smartphone pertama kita, yaitu dari g series, g45, moto g45,” ujar Bagus Prasetyo (Country Head, Motorola Indonesia).
“Pertumbuhan sektor industri barang computer, barang elektronik, tahun 2024 itu sebesar 6,16%. Artinya ini cukup tinggi ya. Dengan kontribusi industri elektronika terhadap GDP nasional cenderung stabil dalam waktu rentang 5 tahun terakhir. Artinya masyarakat itu pasti memiliki satu hp, minimal,” sebut Ir. Sopar Halomoan Sirait, M.Si. (Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian Republik Indonesia).
Motorola menambahkan bahwa dengan local for local, pendekatan Motorola di tanah air adalah bukan sekadar melakukan perakitan smartphone secara lokal, melainkan juga dalam pengembangan peranti lunak lokal, aplikasi lokal, serta perekrutan tim dan tenaga kerja lokal. Namun, Motorola tidak membagikan besaran TKDN dari moto g45 5G yang tersedia di Indonesia. Motorola hanya memastikan bahwa moto g45 5G telah melampui batasan TKDN yang ditentukan pemerintah.
moto g45 5G datang dengan SoC Qualcomm Snapdragon 6s Gen 3 yang diklaim Motorola sebagai yang paling kuat di segmen yang ditempati smartphone ini.
“Kami kembali lagi di sini dengan strategi yang kami rasa cocok untuk Indonesia dengan alasannya pastinya karena, tadi sudah sampkan, sempat disampaikan dari perwakilan dari Kementerian Industri bahwa industri smartphone itu berkembang, begitu, dari tahun ke tahun dan kami melihat ini sebagai salah satu potensi dan kekuatan dari Indonesia untuk terus berkembang,” jelas Bagus.
Bicara pertumbuhan, Motorola pun mengeklaim bahwa dirinya terus bertumbuh di dunia. Motorola mengatakan bahwa pada kuartal kedua tahun fiskal lalu, pendapatannya secara global bertumbuh sekitar 43% dibandingkan kuartal kedua tahun fiskal sebelumnya. Motorola menambahkan bahwa pertumbuhan yang dimaksud lebih besar dari pertumbuhan para OEM lainnya. Kehadiran di Indonesia juga untuk mendorong Motorola terus bertumbuh.
“Di seluruh dunia, kami bertumbuh lebih cepat dari pasar. Anda bisa ambil pasar mana saja, Anda akan menemukan bahwa kami bertumbuh lebih cepat dari pasar,” tegas Mahesh Alanthat (Regional Director GTAP Motorola Asia Pacific). “Di Asia Pasifik, pertumbuhan kami mencapai 3x. Kami telah menjadi bisnis dengan pertumbuhan tercepat di Motorola, dan datang ke Indonesia akan meningkatkan cerita tersebut: pertumbuhan yang lebih cepat lagi.”
Terdapat tiga filosofi yang disebutkan Motorola menggerakkannya untuk menjadi merek terdepan dalam industri smartphone. Sewajarnya filosofi ini membantunya untuk beroleh pertumbuhan yang baik tadi. Filosofi pertama merupakan inovasi dengan tujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Filosofi kedua adalah memosisikan diri sebagai sebuah merek teknologi gaya hidup. Filosofi terakhir adalah membangun suatu ekosistem yang kohesif.
moto g45 5G
moto g45 5G hadir dengan mengedepankan sejumlah fasilitas andalan yang dikelompokkan ke dalam tiga istilah. Ketiga istilah itu adalah “Play it”, “Show it”, dan “Move it”. Play it merujuk pada kinerja moto g45 5G yang baik seperti untuk bermain gim, Show it menunjukkan desain bodi moto g45 5G yang menarik untuk ditunjukkan, serta Move it merujuk pada gestur dan fasilitas moto g45 5G lain yang memudahkan penggunaan.
Pada Play it, Motorola mengedepankan SoC Qualcomm Snapdragon 6s Gen 3, memori utama LPDDR4X berkapasitas 8 GB (mendukung extended memory hingga 8 GB), dan media simpan UFS 2.2 berkapasitas 256 GB (mendukung kartu microSD hingga 1 TB) yang digunakan moto g45 5G. Motorola mengeklaim SoC yang dipakai moto g45 5G adalah yang memiliki kinerja terbaik untuk segmennya.
“Kami hadir dengan perangkat ini yang memiliki prosesor paling kuat di segmennya, Snapdragon 6s Gen 3, yang merupakan salah satu prosesor paling kuat di segmennya dengan skor AnTuTu 480k+ dan mampu melengkapi perihal gim dengan GPU Adreno 619 yang sangat mengesankan dalam hal bermain gim,” kata Shivam Ranjan (Marketing Head Motorola Asia Pacific).
Sejalan dengan SoC yang dimanfaatkan, Motorola juga mengedepankan dukungan 5G dari moto g45 5G. Smartphone ini diklaim mendukung 13 pita frekuensi 5G, 3 carrier aggregation, 4x4 MIMO, dan VoNR. Dukungan 5G moto g45 5G tidak hanya membuatnya bisa terhubung dengan jaringan 5G di berbagai belahan dunia, melainkan bisa memberikan kinerja konentivitas yang bagus pula seperti saat bermain gim.
Pada Show it, Motorola mengedepankan lapisan vegan leather moto g45 5G yang diklaim memberikan kesan mewah saat digenggam, serta warna bodi moto g45 5G yang telah dikurasi Pantone. Terdapat tiga pilihan warna moto g45 5G, yakni Brilliant Blue, Brilliant Green, dan Viva Magenta. Motorola juga mengemukakan ketebalan dan bobot moto g45 5G yang tipis dan ringan, yakni 8 mm dan 183 gr. Kombinasi ini diyakini Motorola membuat moto g45 5G menarik untuk ditunjukkan.
Terdapat tiga varian warna moto g45 5G di Indonesia seperti yang diperlihatkan Mahesh Alanthat (Regional Director GTAP Motorola Asia Pacific; kiri), Bagus Prasetyo (kedua dari kiri), dan Shivam Ranjan (Marketing Head Motorola Asia Pacific). Ketiga warna itu adalah Brilliant Green, Brilliant Blue, dan Viva Magenta.
Pada Move it, Motorola mengemukakan Moto Gestures moto g45 5G yang bisa mengaktifkan fungsi tertentu dengan mudah via gestur tertentu, serta Smart Connect moto g45 5G yang memungkinkan berbagi konten dan melakukan streaming ke layar besar dengan mudah. Moto Gestures pada moto g45 5G misalnya membolehkan gerakan yang disebut chop chop untuk menyalakan lampu kilat maupun twist twist untuk membuka kamera. Motorola pun menyebutkan Move it akan meningkat saat Android 15 hadir pada smartphone ini.
Selain sejumlah fasilitas andalan yang dikelompokkan ke dalam Play it, Show it, dan Move it; Motorola turut menyorot layar, tata suara, dan sistem kamera moto g45 5G. moto g45 5G memiliki layar 6,5 inci dengan resolusi 1.600 x 720 piksel dan refresh rate 120 Hz plus touch sampling rate 240 Hz dan Corning Gorilla Glass 3; speaker stereo plus Dolby Atmos; serta 3 kamera yang terdiri dari 1 kamera belakang utama 50 MP, 1 kamera belakang makro 2 MP, dan 1 kamera depan 16 MP.
Sementara baterainya, moto g45 5G menggunakan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Pengecasnya sendiri merupakan pengecas cepat 20 W. Diklaim memiliki ketahanan terhadap debu dan air berupa IP52, moto g45 5G varian Indonesia juga dilengkapi dengan NFC. Adapun sistem operasinya adalah Android 14. Seperti telah tersirat, Motorola menjamin moto g45 5G akan mendapatkan peningkatan ke Android 15.
Sudah tersedia, moto g45 5G ditawarkan dengan harga Rp2.599.000. Namun, ada “Promo Spesial Ramadan” yang membuat moto g45 5G jadi ditawarkan dengan harga Rp2.399.000. moto g45 5G bisa dibeli di berbagai platform e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, TikTok Shop, AkuLaku, dan Blibli, serta di aneka toko luring di seluruh Indonesia. Terdapat pula kesempatan untuk berlangganan Vision+ hingga 1 tahun dan paket perdana XL dengan paket data hingga 45 GB dari TrueXL.