Find Us On Social Media :

VIDA, Asisten Digital dari Pos Indonesia yang Manfaatkan Chatbot

By Rafki Fachrizal, Rabu, 9 Mei 2018 | 11:18 WIB

Pos Indonesia semakin percaya diri menyasar segmen milenial di tengah upaya perseroan dalam merelevankan seluruh kebutuhan bisnisnya ke depan. Maka dari itu, dari lini teknologi Pos Indonesia meluncurkan layanan chatbot yang berguna untuk memberikan layanan terbaik kepada seluruh generasi milenial.

VIDA (Virtual Digital Assistant), merupakan sebuah layanan dari Pos Indonesia yang mengadopsi teknologi chatbot didalamnya. Layanan ini berfungsi sebagai costumer service virtual yang dapat melayani pelanggan selama 7x24 jam yang ditanamkan pada berbagai platform messaging seperti Facebook Messenger, Telegram, Line, dan  web widget yang tersedia di website resmi Pos Indonesia.

Dengan memanfaatkan beberapa platform messaging tersebut, diharapkan semakin memudahkan para pelanggan untuk mendapatkan berbagai informasi dari Pos Indonesia. Namun, ada salah satu aplikasi messaging populer yang tidak disertakan, yaitu Whatsapp. Mengapa demikian? Alasannya karena Whatsapp sendiri belum membuka API untuk dapat diterapkannya bot.

Gilarsi W. Setijono, selaku Direktur Utama PT Pos Indonesia mengatakan bahwa dengan diluncurkan chatbot ini merupakan salah satu langkah trasformasi digital Pos Indonesia dalam memberikan layanan yang lebih efektif, efisien dan costumer-oriented dan sebagai upaya perusahaan dalam merelevankan seluruh kebutuhan bisnisnya ke depan.

“Layanan ini dapat memberikan kemudahan akses bagi pelanggan sekaligus merupakan bentuk adaptasi Perseroan terhadap tren dan kebutuhan layanan contact center modern,” tambahnya.

Dalam layanan tersebut, tujuh menu telah disiapkan untuk membantu mendapatkan informasi tentang layanan Pos bagi pelanggan. Diantaranya  seperti informasi tentang info layanan Pos, alamat Kantorpos, jam buka Kantorpos, tarif pengiriman, lacak kiriman, informasi kodepos, dan pengaduan layanan Pos. sedangkan untuk layanan PON (Pos Order Number) dan layanan pick up barang masih dalam proses penyelesaian.

Sebagai contoh, apabila pelanggan menginginkan informasi mengenai alamat Kantor Pos, dengan adanya VIDA ini maka selanjutnya dalam hitungan detik alamat Kantorpos yang diminta akan tersaji dengan lengkap beserta petanya.